Sabtu, 24 Juli 2010

Inception


Tadi siang memutuskan mengisi weekend dengan jalan-jalan ke Banjarmasin atau tepatnya Duta Mall dengan schedulle nonton film di 21. Film yang akan di tonton pun sudah diputuskan yaitu Inception yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio. Ada temen yang bilang kalau Inception ini film yang seru banget, tentang pencuri mimpi dengan efek film yang katanya 'wah' banget. Maka Eclipse (The Twilight Saga)pun akhirnya terkalahkan untuk ditonton.

Jujur, sy ga tau sama sekali film Inception ini bakalan berkisah tentang apa kecuali berbekal dari kata teman saya tadi (teman yang belum nonton film ini juga) bahwa film ini berkisah tentang pencuri mimpi. Ia lah Dom Cobb, seorang pencuri mimpi yang sangat handal menciptakan mimpi lalu masuk ke dalamnya untuk mendapatkan informasi-informasi penting. Untuk itu Cobb bisa menjadi mata-mata yang sangat handal. Dan kemampuan Cobb ini benar-benar dibayar mahal dengan keluarga dan kewarganegaraannya (Cobb tidak dapat kembali ke keluarganya karena telah dituduh membunuh istrinya sendiri).

Sampai pada suatu ketika Cobb mendapatkan tawaran dari Mr. Saito (Ken Watanabe) yang menjanjikan kesempatan untuk bisa mengembalikan kehidupan Cobb dengan syarat Cobb mau dan berhasil melakukan suatu misi. Misi Inception yang jauh lebih sulit dari sekedar mencuri informasi di dalam mimpi. Inception adalah menanam ide di bawah sadar.

Untuk melakukan Inception tersebut, Cobb membutuhkan orang-orang yang ahli dalam berbagai bidang, yaitu arsitek (untuk mendesain labirin dalam mimpi), ahli kimia (untuk meramu obat tidur dengan kekuatan tertentu), ahli meniru orang lain (untuk memerankan berbagai tokoh dalam mimpi yang akan dirancang), dan seorang extractor juga yang sama seperti Cobb.

Maka dengan berbagai usaha, akhirnya terbentuklah tim yang siap melakukan Inception, yaitu Cobb sendiri, Arthur (extarctor), Ariadne (arsitek), Eames (ahli meniru orang lain), Yusuf (ahli kimia), dan Mr. Saito. Lalu, dirancanglah mimpi yang akan ditanamkan ide di dalamnya pada Robert Fischer Jr. (ahli waris dari kerajaan perusahaan besar di Amerika). Mimpi berlapis 3 atau mimpi di dalam mimpi di dalam mimpi. Yang ternyata karena suatu hal di luar perhitungan mereka, mimpi tersebut menjadi berlapis 4.

Berhasilkan Cobb melakukan Inception dan kembali pada keluarganya?? Saksikan sendiri film nya (bagi yang belum nonton). ^^

Film ini adalah film yang cukup rumit, terbukti dari susah (baca: malas)nya saya menceritakan kembali film ini, hehehe... Mungkin karena film ini memang tidak untuk diceritakan, melainkan untuk DITONTON.
Dan saya benar-benar menyukai film ini, film yang bikin sy kagum setengah mati oleh ide ceritanya, oleh efek filmnya, dan oleh akting pemainnya. Pokoknya 4 jempol dah!!!
Dari film ini, saya menjadi teringat kembali dengan film The Matrix, tapi kalau menurut sy sih, film ini 10x lebih baik dari The Matrix. Dan saya suka dengan istilah-istilah dalam film ini, seperti 'inception', 'totem', 'paradoks', 'limbo', 'tendangan', dan lain sebagainya. Sukaaa... :D
Mungkin karena genre film ini juga yang science fiction-action, jadi berasa 'berpikir' nontonnya dan tegang abis dengan aksi tembak-tembakannya. Ga rugi deh nonton film ini... Jadi yg belum ntn, buruan ntn ya... :D


taken from google

Kamis, 22 Juli 2010

rubik sudoku ku


Tadinya mengenal rubik sudoku lewat teman yang nanya: "Ka tau orang jual rubik sudoku ga? Kalau ada, aku pingin beli"

Hmm.. baru tau kalau ada rubik yang tipenya sudoku. Setau saya sudoku itu permainan penjumlahan terdiri dari 9 petak, yang di isi dengan angka-angka. Dan angka-angka itu harus sama jumlahnya apabila dijumlahkan secara horizontal, vertikal, maupun diagonal.

9 petak..
Rubik 3x3 banget tuh..
Hohoho.. pasti kebayang betapa sulitnya menyusun rubik sudoku. :D

Tapi ternyata rubik sudoku nya tidak seperti itu, rubik sudoku cuma angka berurutan saja dari 1 s.d 9 (jadi bukan tentang penjumlahan).

Gampang??

Ternyata tidak sama sekali!!!

Rubik sudoku adalah satu-satunya rubik yang bikin saya hampir MUNTAH ketika mencoba untuk men-solvingnya. Hoekzzz... Asli pusing.. Karena saya menerima rubik sudoku (atau tepatnya menyita alias membajak punya teman.. :D) itu sudah dalam kondisi teracak. Jadi saya benar-benar buta, ni orientasi angkanya mengarah ke mana?? (kalau masih ada yang bilang gampang, mending nyoba sendiri dulu, baru boleh komentar.. ^^v)

Tapiiii...
Dengan usaha yang tidak kenal menyerah akhirnya rubik sudokunya berhasil saya solve malam itu juga (malam di mana rubik sudoku itu saya pegang untuk pertama kalinya). Huaaa.. senang nya..
Setelah rubik sudoku sudah solving, saya jadi ngerti orieantasi arahnya. Jadi ketika mau solving lagi, sudah tidak begitu mengalami kesulitan.

Tapiiiii... (masih ada tapinya), angka 5 yang di centernya ternyata selalu terbolak-balik. Susah banget buat angka 5 nya supaya benar arahnya. Daaannnn.. ada satu catatan kecil (lagi), rubik sudoku saya itu ternyata memiliki kesamaan dengan rubik void (rubik donat), karena warna nya yang putih semua, menyebabkan tak ada warna yang bisa dijadikan sebagai patokan. Hmmm... membuat rubik sudoku terkadang mengalami 2 sudut yang tertukar di layer 3 nya (kalau udah gini, rasanya pingin putus asa aja. Udah pusing nyusun angka sampai layer 2 dan 3, eh pas di layer 3, sudutnya tertukar... T_T. Biasanya sih saya ulang lagi nyusunnya dari layer 2.. hikss..)

Dan laluuuu...
Kemarin saya jalan-jalan ke toko yang katanya ada jual rubik (boleh nih di coba, sapa tau ada rubik yg belum saya punya). Dan dari toko itu, saya memperoleh 2 buah rubik lagi, hee...
Rubik twist uk medium dan rubik sudoku dengan warna (tapi cuma gantungan kunci nya aja sih..)
Hohohoho.. Tanpa pikir panjang langsung beli (padahal lagi ga pegang uang, akhirnya utang dl sama kawan. hahaha :D).

Maka akhirnya rubik2 itu pun mjd milik saya. Terkhusus rubik sudoku, rubiknya ternyata sudah ada yang ngacak :((
Tapi untungnya, rubik sudoku ini berwarna, jadi lebih mudah untuk menyelesaikannya dan oleh sebab itu saya bisa mensolvingnya DENGAN selalu memperhatikan angka 5 (centernya) agar tidak terbolak-balik. Dan saya BERHASILLLL!!! (senangnya.. :D)

Ga mau lagi ah ngacak.. Soalnya susah buat ngembaliinnya. Jadi, kita tinggalkan saja rubik sudokunya di lemari dan kita lanjut ke 3x3 sajaaa...
full PLL menantiii.. >.<

Rabu, 14 Juli 2010

OLL PLL ku

Masih seputar rubik. Sy baru aja tau dan (sedikit) mengerti tentang rumus OLL dan PLL. Kali ini sy coba menuliskannya dalam versi 'bahasa' saya sendiri.

OLL atau Orientation Last Layer adalah cara menyelesaikan layer terakhir pada cube 3x3, di mana semua warna layer terakhir di buat sama (kalau istilah saya sih, di bikin 'tudung' :D).

Banyak kondisi-kondisi yang akan terbentuk setelah kita membuat cross pada layer terakhir. Di antara nya kondisi cross, kondisi cross dgn tangan, kondisi ikan (fish eye), kondisi tank, kondisi superman, dan kondisi diamond.

Maka untuk OLL nya untuk masing2 kondisi adalah sbb:
1. Kondisi Cross : R U R' U R U2 R' U' ===> will be fish eye (bakalan jadi 2 OLL)
2. Kondisi Cross dengan tangan : F 1234 3x (rumus 1234 = R U R' U')
3. Kondisi Ikan (Fish Eye) : R U R' U R U2 R'
4. Kondisi Tank : 2R U R' U' ===> perbaiki alas
5. Kondisi Superman : R2 D R' U2 R D' R' U2 R'
6. Kondisi Diamond : F' + rumus Tank

Setelah OLL maka dilanjutkan dengan PLL atau Permutation Last Layer.
Untuk PLL ini ada lagi istilah full PLL dan 2 PLL. Full PLL adalah, menjalankan satu rumus maka cube akan langsung solve, sedangkan 2 PLL adalah menjalankan 2 rumus maka barulah cube akan solve.

Tapi berhubung saya tidak hapal semua rumusnya, maka terkadang saya mengalami 3 PLL (hehehe, payah.. :p).
Dan rumus PLL yang saya hapal itu cuma 2 aja (untuk sementara, cukup 2 dulu :D).
Yaitu:
1. Rumus T : R U R' U' R' F R2 U' R' U' R U R' F'
2. Rumus terakhir : atas dekatkan, atas jauhkan, atas jauhkan, atas dekatkan, bawah dekatkan.

Hehe.. Lucu juga mencoba menuliskan OLL dan PLL dalam 'bahasa' saya. Istilah nya pun kebanyakan pake istilah saya. Mana ada rumus Tank, Superman, dan Diamond??? Bisa-bisanya saya aja yang ngasih nama, biar cepet ingat. Jembatan keledai, itu yang coba saya terapkan di sini.

Selain menggunakan jembatan keledai, latihan adalah kunci untuk bisa membuat seorang saya menjadi lebih lancar lagi dalam menggunakan rumus2 baru tersebut. Musti sering dan cepat2 belajar cuz yang ngajarin OLL dan PLL udah mulai belajar BLD (blind) solving... Huaaa...

Katanya sih gampang aja, cuma ada 11 rumus (gubrakkkk...). Yang susahnya itu di proses memorisasi nya (mengingat posisi petak2 cube). Tapi, katanya (lagi), ada metodenya untuk memorisasi ini yaitu dengan menamakan petak-petak itu dengan huruf2 abjad lalu mengingat abjad2 tersebut dalam kepala dan mulai BLD solving. Wew, Speechless... :D

Intinya, Keep spin my cube sajah lah pokoknya... :D

*Tulisan buat diri sendiri biar lebih hapal sama rumus2 itu... Istilah nya banyak yang aneh.. :D

Senin, 12 Juli 2010

[curhat] stackmat


Setelah main rubik (lagi) 2 hari terakhir dalam rangka mengisi weekend, sy pun diajarin rumus baru oleh adik saya. Kurang tau juga nama rumusnya apa. PLL or OLL or apa lah, sy kurang tau. Yang jelas sekarang sy jadi punya banyak variasi buat solving rubik.

Masalah seberapa cepat sy bisa solving, hohoho... mungkin memang masih jauh dari cepat. Belum bisa di bawah 1 menit (reflek jueleeeeekkk T_T). Tapi tak apa, sy tetap senang memutar cube itu dan semakin ingin menambah koleksi rubik sy (hikss... dsini nih beratnyaaaaa... ).

Selain rubik dengan berbagai macam bentuk, sy juga pingin mengkoleksi berbagai accessories pelengkap untuk bermain rubik. Di antaranya:
1. Stackmat (timer atau pewaktu untuk mengetahui berapa detik/menit kita bisa solving rubik)
2. Eye Shade (penutup mata buat blind solving)
3. Competition Carpet (karpet buat kompetisi yang bisa mengurangi hentakan rubik dan lantai saat rubik dilepas sesudah solving)
4. dan lain-lain

Tetapi, buat sekarang sih, keinginan yang paling menonjol adalah keinganan buat beli Stackmat. Dan harga Stackmat ternyata jauh dari murah. Harganya Rp. 400.000!!!! Hikss.. mahalnya.... T_T
Dan setelah ngubek-ngubek kaskus, googling, dan buka-buka dagangan beberapa toko rubik di FB, sy berhasil mendapatkan harga paling murah untuk Stackmat, yaitu dengan harga Rp. 375.000 (yang menurut sy, tetap aja mahal T_T).
Stackmat dengan harga tersebut adalah stackmat keluaran darinya Speedstacks yang memang biasanya dipakai buat kompetisi.

Sayapun terus mencari, kira-kira ada ga yang jual timer dengan harga yang lebih terjangkau?? Akhirnya saya menemukan sebuah timer (di toko rubik yang sama di mana sy menemukan Stackmat keluaran Speedstacks dengan harga Rp. 375.000) yang harganya jauh lebih murah yaitu cuma Rp. 100.000. Waw, ini berita yang bagus. Karena harga yang ditawarkan sangat-sangat jauh di bawah harga awal.

Tapi...
Pasti ada tapinya kan...

Timer yang harganya Rp.100.000 itu adalah keluaran QJ yang konon katanya memang suka mengkloning all about rubik. Kualitas puzzle untuk QJ sih lumayan (beberapa puzzle sy ada yang merk QJ). Tapi bagaimana dengan Stackmat nya?? Apa lumayan juga???

Akhirnya sy googling lagiiiiii...
Dan berhasil menemukan sebuah info yang penting. Berikut yang bisa saya kutip:

setelah sebulan saya membeli QJ, saya akhirnya mau mereview qj timer ini..
pendapat subyektif saya ttg timer ini adalah:
kekurangan:
1. portless, jadi ga bisa dihubungkan ke display (kynya ga berguna karena untuk keperluan pribadi jrang disambung ke display), oleh karena itu, timer ini tidak bisa dipakai di kompetisi WCA (menurut peraturan, timer yg dipakai minimal stackmat generasi 2
2. display timernya agak kusam, jadi agak susah terlihat.
3. ga bisa save time.
4. respon sensor nya suka error (pengalaman saya: wktu menyentuh sensor sebentar, tiba2 lampu indikator hijau lgsg menyala sndiri, tapi error itu sudah hilang, dan menurut bbrpa cuber ada yg ada yg mengatasi dgn cara membuka tempat baterai dan men set ulang baterainya)
5. tidak bisa dicantel ke mat
6. respon waktunya lebih lambat (berdasarkan bbrpa cuber yg menggunakan stackmat, mendapat waktu 0.01s tidak pernah mereka dapatkan, paling cepat adalah 0.02s, namun pada QJ timer, saya mampu mendapatkan waktu tercepat 0.01s, bahkan 0.00s!! )
7. plastiknya ringan banget, keliatan ringkih banget.. (by Shade)

kelebihan:
1.harganya murah, tapi selayaknya ada harga ada kualitas, semua tergantung pilihan anda
2. warna ny bervariasi (ada hitam, pink dan putih
3. Bisa jadi hadiah murah meriah untuk pacar, supaya semangat main rubik juga XD (by chuck)- i like this.. :D

Sumber: http://rubikku.ning.com/group/pojokhardware/forum/topics/competition-timer-speedstacks?xg_source=activity

Nah.. Nah...
Ternyata ada rupa ada harga. Barang mahal biasanya menawarkan kualitas yang lebih. Tapi bukan berarti stackmat merk QJ sy hapus dari list 'must be have' nya sy. Ya saya pikir-pikir dulu lah sambil ngumpulin budget. Hehehe...

Untuk sementara saya harus puas dengan aplikasi timer buat PC yang saya donlot dari sebuah situs (hasil googling juga.. :D).
Kalau ada yang minat nyoba-nyoba juga, bisa donlot di sini.

Kemarin sih nyoba pake timer yang ini, paling cepat solving rubiknya 01.14 (xixixi.. payahnyaaaa... kata para cuber sih, masih cupu, hahaha)

Wkekeke.. Intinya keep spin my cube.. :D

Sabtu, 10 Juli 2010

gurita vs parkit


Prediksi dan prediksi...

Salah satu yang mewarnai seru nya ajang Piala Dunia 2010, sampai-sampai semua orang ikut menebak dan yang lebih jauh lagi, ikut meramalkan siapa yang menang atau berapa skor untuk sebuah pertandingan. Bahkan bukan hanya orang, binatang pun sekarang ikut-ikutan menjadi peramal yang sampai saat ini memang menunjukkan kejituan dalam menebak pemenang sebuah pertandingan.

Sebut saja Paul si gurita asal Jerman yang sekarang jadi primadona dan menjadi pembicaraan di mana-mana. Paul sampai dengan saat ini memang selalu tepat dalam menebak pemenang sebuah pertandingan, bahkan sampai dengan pertandingan terakhir di mana Paul memilih Spanyol yang memenangkan pertandingan Jerman vs Spanyol di laga semifinal World Cup 2010. Dan setelah pertandingan usai, ternyata Paul memang membuktikan kebenaran 'tebakan' nya. Spanyol berhasil menundukkan Jerman dengan skor 1-0.

Kemudian, ada lagi satu binatang yang katanya jago dalam memprediksi. Ialah burung parkit asal Singapura yang bernama Mani. Konon, Mani juga selalu tepat dalam memprediksi sebuah pertandingan.

Kedua binatang ini memiliki metode masing-masing dalam memprediksi. Kalau saja Paul meramal dengan cara memeluk bendera negara yang menang dengan tentakel-tentakelnya, maka Mani memprediksi dengan cara memilih salah satu dari dua kartu yang bergambarkan bendera 2 negara yang akan bertanding menggunakan paruh kecilnya. Sepintas nampak sama sih metodenya, tapi tentu ada bedanya. Dan beda itu terletak di 'visual'nya.

Untuk Paul, gambar kedua bendera diperlihatkan sejak awal dan Paul akan memilih salah satu bendera dengan cara memeluk bendera tersebut dengan tentakel-tentakelnya. Sedangkan Mani diberikan dua kartu yang bergambar bendera namun dalam keadaan gambar dalam posisi terbalik (gambar bendera berada di bawah yang menyebabkan tidak terlihatnya gambar bendera sampai Mani memilih sebuah kartu dengan paruhnya, barulah diketahui bendera dari negara mana kah yang Mani pilih).

Dan untuk pertandingan puncak atau final nanti, maka Paul dan Mani pun sudah memberikan prediksinya masing-masing. Paul yang tadinya hanya meramal untuk pertandingan Jerman saja, kini mencoba untuk meramal hasil Belanda vs Spanyol. Dan Paul pun memprediksi bahwa Spanyol lah yang memenangkan pertandingan. Berbeda dengan Paul, Mani ternyata memprediksi yang sebaliknya. Mani memprediksi, Belanda lah yang akan keluar sebagai pemenang.

Lalu, siapakah dari gurita atau parkit yang benar prediksinya?? Hmm... entahlah...
Yang jelas saya sudah punya tim untuk saya dukung. Siapa lagi kalau bukan Belanda?? Pinginnya sih Belanda bisa melumat Spanyol minimal dengan skor 2-0.

So, kita buktikan sama-sama saja nanti!!! ^^




Paul vote for Spain
VS




Mani vote for Netherland

Sabtu, 03 Juli 2010

Sang juara tanpa mahkota kali ini semakin dekat dengan mahkotanya.

Belanda - sang juara tanpa mahkota baru saja berhasil menyingkirkan tim yang diunggulkan menjadi juara world cup 2010, Brazil dg skor 2-1.

Pertandingan yg benar2 seru krn kedua tim bermain terbuka dan saling menyerang. Namun di babak pertama, pertandingan memang lbh dkuasai oleh Brazil. Shoot on goal ke gawang Belandapun smakin bertubi2 yg akhrnya berbuah gol yg berhasil dsumbangkan Robinho. Menurut kacamata saya, gol Robinho ini lebih kepada lalainya para back Belanda dalam mengawal pergerakan penyerang Brazil yg speednya di atas rata2. Sy sempat hopeless juga dan skeptis, mampu ga ya Belanda membalikkan keadaan?

Dengan harap2 cemas, sayapun kembali mengikuti pertandingan babak ke 2. Di babak ke 2 ini, Belanda brhasil memberikan perlawanan yg berarti dibandingkan dg babak pertama. Yg kemudian berbuah sebiji gol utk Belanda yg merupakan own goalnya pmain Brazil - Melo.

Hoho.. Semangat sy mulai bangkit stelah sblmnya lemas krn udh pasrah duluan. Hehe..

Dan Belandapun skrng dlm kondisi on fire. Menyerang dan menyerang. Lalu Sneijder pun menambah pundi gol Belanda. Kini skor menjadi 2-1 utk Belanda (jingkrak2 sampe keringatan. :p).

Sy sdh agak tenang krn kini Belanda berada di atas angin. Tp dada dan perut sy sempat kebat-kebit setiap kali Brazil melancarkan serangan ke arah pertahanan Belanda. Huhu..
Dan yg lebih bikin geregetan banget adalah ketika beberapa kali Belanda berkesempatan menambah keunggulan dg mencetak gol tapi urung juga dlakukan tendangan yg membahayakan alih2 gol (Robben, v Persie, Kuyt what's up with you guys????)

Daaaannnn... Pertandingan seru 2x45 (+added times) pun berlalu dengan hasil 2-1 untuk Belanda. Kini Sang juara tanpa mahkota semakin dekat dengan mahkotanya. Prediksi (harapan) saya sih, Belanda bakalan nyampe ke Final n then becomes a true championship of world cup 2010. Bisa kah?? Kita buktikan saja sama2... ^^


*Ditulis tepat setelah pertandingan Belanda vs Brazil di perempat final World Cup 2010 (03072010 01.06 WITA)
**Boleh deh besok2 nonbar sama anak2 PROKITRING lagi... Teriak2 ga keruan.. Seru!!!! :p