Jumat, 09 Mei 2014

Hipertensi diatasi dengan CERDIK

Bismillah,

Jumat pagi, jumat berkah, jumat sehat... Hari ini seperti biasa, saya melakukan senam pagi di kantor saya. Senam yang dimulai pukul tujuh s.d setengah delapan pagi. Setelahnya kami akan melakukan upacara pagi seperti hari-hari biasa. Hanya saja bedanya, di hari Jumat ini biasanya kami akan mendapat ceramah khusus mengenai kesehatan yang biasanya dilakukan dua kali sebulan, oleh seorang dokter langganan kantor kami, yaitu dr. Manahan.

Beliau ini suka sekali mengangkat tema kesehatan yang berhubungan dengan hari kesehatan dunia. Contohnya saja hari ini, beliau mengangkat tema tentang hipertensi atau darah tinggi yang ternyata hari hipertensi sedunia itu jatuh pada tanggal 17 Mei. Banyak informasi yang bisa saya dapat dari beliau dan ingin saya bagi di sini. Mencoba menuliskannya lagi dengan bahasa saya dan sayangnya saya tidak akan menuliskan sedikitpun istilah medis di sini seperti yang beliau sebutkan. Karena itu terlalu rumit dan susah mengingatnya, yang ada nanti malah salah istilah medisnya. Intinya, saya mencoba merangkum ceramah beliau dengan lebih sederhana. Mudah-mudahan bermanfaat.

Hipertensi atau darah tinggi merupakan penyakit yang tidak diketahui gejalanya. Tak ada gejala untuk penyakit yang satu ini. Kalaupun ada, itu hanyalah rasa tegang di leher, kaku di bahu atau tangan, dsb yang terkadang tidak disadari oleh kita bahwa ternyata hal tersebut mengindikasikan kita memiliki sakit darah tinggi. Oleh sebab itu hipertensi ini sering disebut dengan 'silent killer'. Hipertensi ini bisa diketahui dengan cara dicek menggunakan alat tensi darah. Untuk tekanan darah normal adalah 120/80. Di atas itu, apalagi kalau sampai mencapai angka di atas 139, maka sudah dikatakan memiliki hipertensi.

Hipertensi ini bisa disebabkan oleh barbagai faktor, di antaranya makanan (banyak mengandung garam, kolesterol jahat, dan kafein yang tinggi); tingkat stress yang tinggi; kurang berolahraga; faktor keturunan dan sebagainya. Banyak obat-obatan yang dijual untuk mengurangi tekanan darah tinggi ini, dari yang mahal s.d yang murah. Namun sebelum kita terlanjur terkena darah tinggi, ada baiknya kita mencegah penyakit ini yang ternyata bisa dicegah dengan cara CERDIK.

1. C untuk Check up
Usahakan untuk rutin men-check up kesehatan kita agar kita mengetahui kondisi tubuh kita sebenarnya. Biasanya kita merasa diri kita ini selalu sehat, padahal belum tentu seperti itu kenyataan yang sebenarnya di dalam tubuh kita. Hehehe.. kalau ini sih saya banget :D

2. E untuk Enyahkan rokok
Sudah diketahui bersama bahwa rokok memang sumber dari banyak penyakit, salah satunya adalah hipertensi. Karena ternyata asap rokok ini bisa membuat kaku pembuluh darah di jantung, yang bisa menyebabkan darah mengalir tidak lancar hingga mengakibatkan tekanan darah tinggi.

3. R untuk Rajin berolahraga
Hendaknya kita berolahraga secara rutin, setengah jam sehari, 4 s.d 5 kali seminggu, kalau bisa sih setiap hari. Semakin rajin berolahraga tentulah badan kita akan semakin sehat, penyakitpun akan jauh dari badan kita.

4. D untuk Diet
Diet ini adalah mengatur pola makan, baik untuk porsi, komposisi, dan waktu makan yang tepat. Mungkin langkah ini agak susah, tapi hasil yang didapatkan tentu sesuai dengan usaha yang kita lakukan. Kurangi garam dan makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

5. I untuk Istirahat yang cukup
Usahakan untuk beristirahat yang cukup, dalam hal ini tidur minimal 6 s.d 8 jam sehari. Dengan istirahat yang cukup maka daya tahan tubuh akan meningkat dan tingkat stress yang merupakan penyebab utama darah tinggi akan bisa kita kurangi.

6. K untuk Kelola stress
Setiap dari kita tentu memiliki masalah hidup masing-masing yang bisa membuat kita stress. Namun alangkah baiknya jika kita bisa mengelola stress tersebut, jangan sampai tidak bisa kita kendalikan yang bisa berakibat buruk pada kesehatan kita, salah satunya adalah naiknya tekanan darah. Ada baiknya sesekali kita buat diri kita santai dengan berlibur atau mengerjakan hal-hal yang menjadi hobby kita.

Postingan ini sebenarnya bisa dibilang untuk catatan saya sendiri, karena saya termasuk orang yang sedikit agak lalai dalam menjaga kesehatan. Paling jarang yang namanya check-up, suka malas dengan yang namanya berolahraga, susah buat mengatur porsi, pola dan waktu makan, sering kurang tidur karena suka banget begadang nonton film atau drama korea :D. Daaaannnnnnn hobbbyyy banget dengan yang namanya mikirin masalah terlalu berlebihan. Stress, stress, dan stressss, hehehe. Semoga saja bisa berubah menjadi lebih baik. Aamin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar