Sabtu, 12 Februari 2011

The Wind in The Willows

Category:Books
Genre: Childrens Books
Author:Kenneth Grahame
Berkisah tentang persahabatan tikus tanah (Moly), tikus air (Ratty), katak (Toady) dan luak.

Cerita di awali dengan pindahnya Moly dari sarangnya di bawah tanah ke tempat tinggal Ratty di pinggir sungai. Ratty pun mengenalkan Moly pada penduduk tepi sungai termasuk beberapa penduduk hutan rimba yang tinggal di hutan persis di seberang sungai. Luak, adalah penduduk hutan rimba yang terkenal bijaksana namun sangat pendiam. Ia lebih suka menyendiri jauh dari yang lain tetapi selalu memperhatikan teman-temannya.

Lalu tersebutlah katak, sosok yang kaya, periang, suka menyombongkan diri dan sangat ceroboh. Karena sifat-sifatnya tersebut, katak sering mendapat banyak masalah yang membuat teman-temannya (Moly, Ratty, dan Luak) harus turun tangan untuk menyelesaikan masalah yang telah dibuat oleh katak.

Berhasilkah Moly, Ratty, dan Luak menolong Katak menyelesaikan masalahnya dan menyadarkan katak agar mau berubah menjadi sosok yang lebih baik? Baca sendiri ya buku The Wind In The Willowsnya.

**********

Buku The Wind In the Willows ini adalah sebuah buku dongeng fabel yang pertama kali terbit tahun 1908 dan sudah terjual lebih dari 100 juta kopi dan telah dicetak lebih dari 250 edisi dalam berbagi versi. Saking banyaknya, cover bukunya juga macam-macam (coba saja search di google). Dan yang saya punya ini adalah buku pemberian Penerbit RedLine (terimakasih Penerbit RedLine), dengan gambar cover (hardcover) yang sangat cantik.
Sayangnya, sedikit sekali review untuk buku ini dalam bahasa Indonesia. Bahkan di goodreads saja saya tidak menemukannya sama sekali.

Fabel sendiri adalah cerita yg menggambarkan watak dan budi manusia yg pelakunya diperankan oleh binatang. Maka dari itu, terasa sekali berbagai macam sifat manusia ketika membaca The Wind in the Willows ini, sehingga banyak pelajaran moral yang bisa diambil darinya. 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar