Senin, 16 November 2009

Nge-BLOG dengan ‘hati’

Hmm.. terdengar seperti judul bukunya Ndoro Kakung ya?
Yupz.. Tulisan ini memang ditulis berdasarkan buku beliau - entah apa bisa disebut review. Yang jelas saya hanya ingin membahas judul di atas dengan sedikit membahas isi buku Ndoro Kakung dan tentu saja membahas kalimat tersebut di atas berdasarkan sudut pandang saya.

Nge-BLOG dengan hati, adalah judul yang dipilih.
Mengapa bukan berjudul Nge-BLOG dengan mudah? Bukankah akan lebih menarik? Karena tak bisa dipungkiri, banyak orang menyukai sesuatu yang berbau ‘mudah dan instan’.
Kalau mau ‘mudah’ bikin blog sih gampang banget. Tinggal bikin blog di penyedia hosting gratisan macam blogger dan wordpress, lalu copy tulisan orang lain, paste di blog kita, selesai. Blog kita akan selalu penuh dengan postingan.
Tapi, bukan itu yang diinginkan buku ini. Buku ini lebih menginginkan sebuah semangat, sebuah isme yang biasa kita kenal dengan blogisme. Blogisme adalah semangat untuk berbagi, menularkan dorongan untuk berekspresi baik melalui tulisan, foto, maupun video – melalui blog. 

Lalu muncul pertanyaan, apakah setiap orang harus mempunyai blog?
Jawabannya, tentu saja tidak. Karena tanpa blog pun, orang tetap bisa hidup dan tak akan mati hanya karena ia tak punya blog.
Tapi…
Ada tapinya nih…
Orang seperti saya (dan mungkin kamu) yang senang berkomunikasi dan senang berbagi, sepertinya wajib untuk punya blog.
Bagi saya, minimal saya harus punya facebook yang saya manfaatkan untuk mengapresiasikan berbagai bentuk postingan (entah itu cerita pengalaman pribadi ataupun cerita fiksi) yang dibuat berdasarkan hasil pemikiran saya sendiri. Dan tak jarang, postingan yang saya buat adalah berdasarkan apa yang saya rasa pada saat itu. Jadi kurang lebih seperti curhat gitu. He.. Lumayan lah, bisa bikin hati agak lega. :D
Namun yang paling membahagiakan adalah di saat postingan kita bisa membuat orang lain menemukan hal yang baru, membuat berpikir, dan memberikan inspirasi bagi orang lain. Dan akan lebih terasa senang lagi apabila postingan kita mendapat respond (comment) dari orang lain.
Terserahlah apabila sampai ada orang yang menyebut bahwa saya orang yang ‘gila comment’ (terus terang, emang beneran ada lho teman saya yang bilang saya gitu. Sempat sedih, tapi cuekin aja.. :p).
Menurut saya, saya tidak bisa dibilang ‘gila’. Protes keras!!! Masa manis-manis gini dibilang ‘gila’?? (he.. narsis… biarin..).
Karena saya hanya menyenangi saja. Menyenangi comment-comment itu karena dengan comment-comment itu saya merasa berdialog, berkomunikasi, dan berbagi dengan orang lain. Membuat saya bisa membuka pikiran, menilai penilaian orang lain, dan lain sebagainya.
Dengan nge-blog, membuat saya merasa ide-ide saya bisa tersalurkan. Dan terus terang membuat saya ketagihan pada proses berpikirnya.

Dimulai dari mendapat ide atau yang sering saya sebut dengan ilham (benar-benar senang kalau ketemu dengan namanya ilham, cuz ilham seneng banget jalan-jalan entah kemana, hehehe..), dilanjutkan dengan proses menulisnya.
Menulis adalah bagian yang terberat, karena bagus tidak nya postingan kita sangat tergantung dari cara kita menulis. Dan untuk itu saya masih harus banyak belajar. Belajar menulis yang baik sehingga tulisan saya mudah dipahami dan menarik untuk dibaca. Sehingga tak jarang, saya memerlukan waktu berhari-hari hanya untuk menghasilkan sebuah tulisan.
Ada banyak faktor yang menyebabkan hal itu. Yang pertama adalah karena saya tidak terlahir dengan bakat pandai menulis, jadi saya harus berusaha ekstra keras untuk bisa menulis seperti orang yang memang sudah dianugerahi bakat pandai menulis sejak lahir. Yang kedua adalah, karena saya orang yang moody. Mood saya kayanya kembar dempet sama si ilham, senang jalan-jalan, jadi kadang hilang kadang ada, hehehe.. Dan yang terakhir, adalah karena saya orang yang sedikit perfeksionis. Jadi selalu saja ada proses edit sebelum sebuah tulisan berhasil saya posting (tapi terkadang ada juga tulisan yang udah ga sempat diedit, langsung posting alias publish. Itu tandanya saya udah ga bisa mikir lagi, alias mentok, hahahaha…).
Lalu lanjut lagi ke tahap publish. Setelah publish, maka saya akan disibukkan dengan tag sana-sini, lalu bermunculanlah comment-comment segar. Kadang ada yang lucu, ngaco, membuat berpikir, mengkritik tajam atau halus. Dan tak jarang comment-comment nya malah ga berhubungan dengan isi postingan, jadi kaya ngerumpi gitu (khas 3N, hahaha…. :D)

Tapi sekali lagi saya tegaskan bahwa saya menikmati prosesnya. Dimulai dari memetik ide di udara sampai dengan publish di halaman blog yang berujung pada komunikasi via comment. Ada kepuasan tersendiri yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Kembali ke buku Nge-BLOG dengan hati nya Ndoro Kakung. Beliau benar-benar berhasil membahas semua dunia per-blog-an dengan sangat gamblang agar semangat blogisme itu terus terpacu dan menular ke banyak orang. Buku yang sangat bagus. Mengajarkan kita bagaimana bikin postingan yang nendang, tidak cepat bosan pada saat nge-blog, membahas etika dan hukum yang harus dipatuhi para blogger, bahkan ada juga pembahasan agar blog kita bisa menghasilkan keuntungan berupa uang (tapi ini hanyalah dampak, bukan sesuatu yang utama).

Dan saya yakin sekali, di antara kalian pasti ada yang merasakan semangat yang sama. Semangat ingin berbagi dan semangat senang berkomunikasi. Lalu, tunggu apa lagi? Mari kita nge-BLOG dengan HATI. ^_^

2 komentar:

  1. Setuju dengan mbak Nora.
    kenapa kita Nge-blog karena untuk menulis sesuatu yang ada manfaatnya buat orang lain. Satu hal yang penting bahwa menulis itu upaya melawan lupa. Lebih jauh dari itu, kita bisa mengingat apa saja kesalahan kita dan ingat pada rencana masa depan. Jadi orang-orang yang menulis tetap melakukan tindakan nyata bagi orang lain yang membacanya, sehingga tulisan kita mampu membawa pesan yang lebih baik.
    Salam blogger...saya kenal Nora lewat koran lokal Banjarmasin Pos (Halte Blogger) pada saat saya ngikuti pameran di Lapangan Dr. Murjani pada saat pameran MPTHI (10-12 Nov 2009)

    BalasHapus
  2. Salam blogger juga.. terus terang blog saya yg di sini agak jarang saya update.. Tapi mudah2an ke depan nya bisa saya update terus. Saya lebih sering aktif posting tulisan di MP atau di FB. itu juga tulisan sekedarnya, cuma coretan2 aja... ^^

    Salam kenal dan salam blogger juga.. :)

    BalasHapus