Sabtu, 31 Oktober 2009

Setan Angka

Category:Books
Genre: Entertainment
Author:Hans Magnus Enzensberger
Buku ini sama sekali bukan buku baru. Tapi buku ini baru aja dikembalikan teman saya setelah sekian lama dipinjam dan dipendam di rumahnya, hehehe... Sempat kaget juga, ternyata buku yang selama ini saya cari-cari ada di tempat dia. Hihihi.. Salah siapa ya?? Salah saya atau salah dia? Hmmm. Entahlah... :D

Tapi pas dia balikin buku ini, saya pun tersadar, bahwa ini adalah sebuah buku yang bagus banget untuk direview. Agar kalian yang belum pernah membaca buku ini, bisa tau bahwa ada sebuah buku berjudul ’Setan Angka’ Karya Hans Magnus Enzensberger.

Hmm... Entah apa yang ada di pikiran kalian ketika mendengar judul buku tersebut.

Kalau saya sih, waktu pertama kali memegang buku ini dan membaca judulnya ”Setan Angka – sebuah petualangan matematika’, maka yang pertama ada di pikiran saya adalah, buku ini pasti buku yang menarik. Karena jujur saja saya sudah mencintai matematika sejak saya kecil, bahkan mungkin sejak sebelum saya masuk Taman Kanak-Kanak. Senang aja nulis angka dari 1 s.d 10. Hehehe...
Lalu ketertarikan saya terhadap buku ini semakin bertambah-tambah setelah saya baca sedikit review di bagian belakang covernya.
”Inilah buku untuk semua kalangan pembaca–yang ketakutan terhadap matematika maupun yang terpesona olehnya–karya salah seorang penulis andal yang mengerahkan seluruh pesona dan kemungkinannya guna memperlihatkan apa yang bisa dilakukan malaikat kecil angka.”
Hmmm.. Menarik bukan??

Dan untuk membuatnya lebih menarik, Enzensberger mengemas tulisannya menyerupai dongeng Alice in Wonderland. Tetapi yang dikisahkan di sini adalah Robert–bocah dua belas tahun–yang membenci guru matematikanya, yang membuatnya kesal dengan soal cerita matematika dan tidak mengizinkannya menggunakan kalkulator. Lalu di dalam mimpinya ia bertemu Setan Angka yang kemudian membawanya berkelana di dunia yang hampir menyerupai Wonderland nya Alice. Terkadang Robert menjadi bocah seukuran jari, dan tak jarang pula ia menjadi berukuran raksasa.
Sambil berpetulang inilah, Setan Angka menunjukkan padanya apa sesungguhnya matematika itu; nol dan satu, rangkaian tak terhingga dan bilangan irasional, bilangan prima dan probabilitas.
Maka secara tidak langsung kita akan menemukan rahasia-rahasia mencengangkan tentang matematika tanpa perlu mengutak-atik satu pun soal matematika.

Dari semua malam-malam yang dilalui Robert bersama Setan Angka di dalam mimpinya, saya sangat menyukai mimpinya di malam keenam (walaupun jujur, saya suka semua mimpi-mimpinya, karena masing-masingnya punya cerita yang berbeda-beda tentang matematika).
Mimpi di malam keenam itu bercerita tentang angka Bonacci. Tau kah kalian apa itu angka Bonacci? Kalau kalian belum tau, maka kalian harus membaca buku ini, hehehe... Dan ternyata, alam berperilaku seakan-akan memahami cara kerja angka Bonacci lho...

Buku dengan tebal 272 halaman ini adalah buku terlaris di Italia dan Spanyol, dan terjual lebih dari 130.000 eksemplar di Jerman. Fakta ini cukup menjadikannya sebagai jaminan, bahwa buku ini layak baca bahkan layak dikoleksi. Bagaimana? Tertarik? Kalau saya sih sekarang malah tertarik untuk membacanya untuk kali kesekian. Hahaha...

So, review nya sampai di sini aja ya. Saya mau baca bukunya lagi nih. Hehehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar