Rabu, 10 Februari 2010

Woods Snake Puzzle

Woods Snake Puzzle

by Nora Apriyani Rahmaniar on Wednesday, February 10, 2010 at 9:02am ·


Woods snake puzzle adalah sejenis permainan puzzle yang terbuat dari potongan kayu berbentuk dadu yang dirangkai (entah dengan kawat atau tali) sehingga membentuk rangkaian yang menyerupai ular. Potongan-potongan tersebut bisa diputar dan dibelokkan. Ada yang berputar 360o, ada yang 180 o, dan ada yang hanya berputar 90o.

Tadinya saya tak tau sama sekali kalau ada permainan puzzle semacam ini, sampai seorang kakak yang baik hati mau memberikan saya mainan ini secara cuma-cuma. Karena kakak yang baik hati itu, tau dengan persis kalau saya suka banget dengan permainan rubik yang memang hampir mirip-mirip dengan woods snake puzzle ini. Makasih (lagi) ya ka… Semoga dibalas Allah dengan kebaikan yang berlipat-lipat…. Amin.. ^^

Back to woods snake puzzle…
Memainkannya sangatlah menyenangkan karena berbeda dengan rubik cube yang sudah pernah saya mainkan sebelumnya (sesuatu yang baru, pastilah mempunyai daya tarik tersendiri, hehehe...) Dan perbedaannya, tentu saja yang sangat mencolok adalah dari cara memainkannya. Cara memainkan rubik cube adalah dengan menyusun 6 sisi 6 warna hingga tersusun dengan sempurna. Sedangkan woods snake puzzle adalah permainan yang tak mengutamakan warna (makanya puzzlenya berupa potongan kayu yang tak di cat sama sekali, tapi ada juga sih yang diberi warna sehingga menyerupai petak catur). Woods snake puzzle lebih mengutamakan cara kita menyusun dan memutar setiap potongan hingga tersusun kubus sempurna 3x3.

Maka, kalau untuk rubik cube cara menyelesaikan nya bisa dengan puluhan bahkan ratusan cara berbeda. Maka untuk woods snake puzzle, cara menyelesaikannya adalah dengan 1 cara saja – tak ada cara yang lain.

Waktu pertama kali sukses memecahkan puzzle ini. Saya memutuskan kembali untuk mengacaknya, dan ternyata saya tak bisa menyusunnya lagi. Hehehe.. Ternyata kesuksesan pertama hanya lah sebuah keberuntungan. Saya pun kembali mencoba menyusun sambil mengingat-ingat setiap langkah, agar bisa mengulanginya lagi bila saya sudah sukses menyusunnya lagi.

Dan untuk sekarang sih, saya udah lancar menyusunnya. 30 detik juga bisa… Cuz udah lancar.. :D
Dan setelah searching di internet, ternyata banyak sekali puzzle 3 dimensi yang dibuat berbahan dasar kayu. Mungkin ada puluhan macam. Tapi saya sangat tertarik dengan 6 Bintang. Magic Box, Baling-Baling, Bola Piramid, Kunci 9 (lengkung dan kotak), Magic Rope, dan Magic Ball.

Dan produsennya ternyata bukan di luar negeri, melainkan di Jogjakarta. Huhuhu.. Oke deh kalau begitu, siap hunting2. Xixixi.. :D

Woods Snake Puzzle ku
Perfect - Woods Snake Puzzle ku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar