Jumat, 27 April 2012

Gara-Gara Padam Listrik :(

Dari tanggal 17 sampai dengan 24 April 2012 kemarin (awalnya cuma 1 minggu tapi diperpanjang 1 hari karena pekerjaan di lapangan belum selesai)saya kembali dinas mengawas. Tepatnya mengawas pengecoran pondasi T.01A SUTT AA-BL. Towernya tower multi jadi pondasi yang dicor pun memiliki dimensi yang lumayan besar yaitu 5,8 x 5,8 x 0,75 = 25,23 m3 untuk masing2 pad. Total ada 4 pad, jadi 100,92 m3, belum termasuk beam dan chimney nya, fiuhhhh...


Waktu ngecor pad yang pertama, ngawasnya mpe malam, karena pengecoran baru bisa dilakukan siang hari (kurang lebih jam setengah dua siang). Gara-gara ada acara peresmian di PLTU yang ngundang pak Gubernur buat meresmikan unit 3, akhirnya kami ga boleh kerja ngecor dari pagi sampai siang. Ujung-ujungnya ngecor sampai malam, capekkk...

Akhirnya jera ngecor pad kalau dimulai terlalu siang, karena pengecoran bisa berlangsung mpe 8 jam. Untuk pad selanjutnya, saya selalu minta agar dipersiapkan untuk bisa dicor pagi. Intinya pekerjaan cor lancar, kecuali menjelang hari terakhir ngawas, tiba2 semen T*N*S* nya habis (selama ini memang selalu memakai semen T*N*S* sesuai dengan laporan mix design yang disampaikan sebelumnya). Sebenarnya pelaksana minta agar semen diganti saja dengan semen T*** R***, karena semen T*N*S* memang susah didapat di dekat lokasi proyek. Tapi karena masih bisa mendatangkan semen T*N*S* dari ibukota provinsi, sayapun memilih menunggu saja, toh cuma nunggu 1 hari. Tapi saya juga penasaran, apa boleh mencampur 2 jenis semen dalam satu pekerjaan?? Saya khawatir aja, karena ga da laporan hasil test sebelumnya. Sayapun menelpon kenalan saya di laboratorium sebuah perusahaan penyedia ready mix beton. Dari info beliau, dan menurut hemat beliau, sebenarnya tak apa mencampur 2 jenis semen dalam satu pekerjaan karena pada dasarnya semen itu sama. Hmmm.. saya jelas ga bisa begitu saja berpegangan pada kata2 kenalan saya tersebut tanpa ada uji cobanya. Tapi cukup sebagai masukan saya saja. Kapan-kapan jadi pingin melakukan uji coba mencampur dua merk semen, dan melihat hasil betonnya.. :D

Setelah 8 hari, akhirnya pondasi T.01A kelar juga dicor. Tinggal nunggu umur betonnya 14 hari buat bisa di erection. :)

Dan seperti biasanya, selalu ada pengalaman unik ketika mengawas. Kali ini kejadian yg lucu dan ga begitu mengenakkan sih... Tepatnya kejadian pas saya habis ngawas ngecor mpe malam. Pulang ke mess, bawaannya pingin mandi. Eh pas lagi asyik mandi, tiba2 listrik padam. Alamak... Mau keluar kamar mandi ga bisa, di messnya nya kan banyak cowok. Mau tetap di kamar mandi, gelapnya minta ampun. Hiksss... Akhirnya berusaha bertahan aja di dalam kamar mandi sambil berusaha meraba2, mana sabun, mana ember, mana gayung, mana air.. hikss hiksss.. T_T

Tapi beberapa menit kemudian ada temen yg naroh lampu emergency di depan pintu kamar mandi, jadi ada sedikit cahaya yang masuk ke dalam kamar mandi. Jadi saya bisa liat sedikit2, mana sabun, mana air. Alhamdulillah mandinya tuntas. :D
Jadi pengalaman deh, besok2nya kalau mandi malam lagi, ga lupa bawa senter kecil atau hape yg ada senternya. Tapi tetap berharap, ga usah padam listrik ja, menyusahkan euy.. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar