Senin, 02 Juni 2014

Brownies Kukus Ny. Liem

Bismillah,

Weekend kemarin, saya kembali membuat kue bareng sahabat saya Yayuk. Begitulah kami kalau mengisi akhir pekan, kalau ga jalan-jalan, nonton, karaoke, pastilah weekend kami habiskan dengan memasak berbagai masakan atau bikin kue. Semacam jadi kegiatan yang menyenangkan ketika melakukan proses yang namanya bikin kue.

Kemarin itu sebenarnya cuma pengulangan saja. Kue-kue yang dibikin sudah pernah kami bikin sebelumnya. Bukan mengeksekusi resep kue yang baru. Kue-kue itu adalah Ontbijkoek dan Japanese Cheese Cake. Namun ada satu resep yang baru bagi saya, yaitu Brownies Kukus Ny. Liem. Sebetulnya, saya kurang suka kue brownies, makanya dari dulu ga tertarik buat bikin kue ini. Tapi berhubung ada teman kantor yang minta dibikinin, sayapun mulai mencoba untuk membikin kue ini, dibantu Yayuk yang memang sudah sering banget bikin kue ini, secara banyak orang memesan kue ini sama Yayuk. Hayooo yang mau icip tanpa mau repot bikin, bisa pesan sama Yayuk, tapi khusus wilayah Banjarbaru - Martapura saja ya.. *promosi :D

Banyak sekali resep brownies kukus Ny. Liem bertebaran di dunia maya hingga kadang membuat bingung mana resep yang benar mana resep yang sudah dimodifikasi. Sayapun sebenarnya kurang tau persis apakah resep yang kemarin kami coba itu adalah benar resep brownies kukus Ny. Liem atau tidak. Yang jelas, kami membuat sesuai catatan resep yang tertempel di kulkas Yayuk (di pintu kulkasnya banyak resep kue, biar gampang kalau mau bikin kue, bisa ditiru nih :D).

Resep Brownies Kukus Ny. Liem yang tertempel di pintu kulkas Yayuk

Berikut bahan dan cara membuat Brownies Kukus Ny. Liem yang kemarin sudah kami praktekkan.

Bahan I:
6 butir telur
225 gr gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk
1/2 sdt garam
1 sdt elmusifier

Bahan II:
125 gr terigu protein sedang
50 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder

Bahan III:
100 ml minyak goreng
35 gr margarin
30 gr butter
100 gr dark cooking chocolate, lelehkan, lalu campur dengan minyak goreng, margarin, dan butter

Bahan IV:
75 ml susu kental manis

Cara Membuat:
1. Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga mengembang dan kental (kami kemarin mengocoknya kurang lebih 15 s.d 20 menit menggunakan mixer kecepatan tinggi).
2. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit sambil diayak hingga rata. Tuang bahan III, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata. Ambil 100 gr adonan, campur dengan bahan IV, sisihkan.
3. Tuangkan 1/2 bagian sisa adonan tadi ke dalam loyang ukuran 20x20x7 cm yang telah diolesi dengan sedikit minyak dan dialasi dengan kertas roti (kami kemarin, loyangnya cuma diolesi margarin yang kemudian ditaburi dengan tepung). Kukus selama 10 menit dalam dandang yang sudah terlebih dulu dipanaskan dengan api sedang (Catatan: kalau terlalu tinggi apinya, brownies akan bergelombang permukaannya.
4. Tuang adonan yang telah dicampur bahan IV, kukus 5 menit dan terakhir masukkan sisa adonan. Kukus kembali selama 30 menit hingga matang
5. Angkat dan dinginkan.

Ini mixer yang kami pakai :)

Coklat yang dilelehkan dan dicampur dengan minyak goreng, margarin, dan butter

Tuangan pertama.. sudah mulai menggugah selera :)

Browniesnya sudah jadi :)

Tampak samping.. jadi seperti berlapis karena bikinnya memang ber-layer :)

Browniesnya sudah dihias... cantikkk :)

Ternyata setelah membuat brownies kukus ini, saya merasa kalau prosesnya lumayan 'repot' untuk seorang saya. Jadi masuk kategori dengan tingkat kesulitan 'sedang' kali ya. Soalnya, banyak bahan yang disiapkan dan banyak juga langkah-langkah pembuatannya. Karena mungkin selama ini saya terbiasa membuat kue dengan langkah yang lebih sederhana (kocok, tuang, panggang), maka ketika mengeksekusi resep ini terasa agak sedikit merepotkan bagi saya, dimana ada proses kukus lalu tunggu, kemudian menuang adonan selanjutnya, lalu kukus dan menunggu lagi, dst. Jadi kebayang betapa lebih repotnya lagi membuat kue lapis legit yang entah kapan bisa saya praktekkan (bawaannya udah takut duluan aja, takut gagal :D)

Well, bagi penyuka brownies, atau bagi yang selama ini penasaran mau bikin brownies kukus, bisa coba resep di atas yang sudah kami uji di dapur Yayuk. Moga sukses dan moga bermanfaat ya... :)

Oiya, saya juga mau bagi-bagi gambar penampakan JCC yang kami buat kemarin. Soalnya JCC nya cuantik bangettt, dihias dengan sepenuh hati... ^_^

JCC nya pake loyang bopas bentuk hati ;)

JCC dihias versi 1: Usman Love Yayuk :D

JCC dihias versi 1: Usman Love Yayuk :D

JCC dihias versi 2: Andin & Nora
JCC dihias versi 2: Andin & Nora

Sepotong JCC penuh cinta yang enyaaaakk luar biasa. Cake satu ini emang anti gagal :)
Nah, kalo yang Ontbijkoek, maaf sekali kemarin saya tak minat untuk mengambil gambarnya karena ternyata kuenya turun setelah dipanggang. Entah apa penyebabnya, kami juga masih mikir salah kami dimana :(

Adonannya padahal sempurna banget tapi begitu dipanggang, bencanapun terjadi :(
Sekian laporan 'bikin kue' nya.... Besok-besok moga bisa bikin lagi, kalau perlu resep yang baru lagi B-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar