Kamis, 22 Juli 2010

rubik sudoku ku


Tadinya mengenal rubik sudoku lewat teman yang nanya: "Ka tau orang jual rubik sudoku ga? Kalau ada, aku pingin beli"

Hmm.. baru tau kalau ada rubik yang tipenya sudoku. Setau saya sudoku itu permainan penjumlahan terdiri dari 9 petak, yang di isi dengan angka-angka. Dan angka-angka itu harus sama jumlahnya apabila dijumlahkan secara horizontal, vertikal, maupun diagonal.

9 petak..
Rubik 3x3 banget tuh..
Hohoho.. pasti kebayang betapa sulitnya menyusun rubik sudoku. :D

Tapi ternyata rubik sudoku nya tidak seperti itu, rubik sudoku cuma angka berurutan saja dari 1 s.d 9 (jadi bukan tentang penjumlahan).

Gampang??

Ternyata tidak sama sekali!!!

Rubik sudoku adalah satu-satunya rubik yang bikin saya hampir MUNTAH ketika mencoba untuk men-solvingnya. Hoekzzz... Asli pusing.. Karena saya menerima rubik sudoku (atau tepatnya menyita alias membajak punya teman.. :D) itu sudah dalam kondisi teracak. Jadi saya benar-benar buta, ni orientasi angkanya mengarah ke mana?? (kalau masih ada yang bilang gampang, mending nyoba sendiri dulu, baru boleh komentar.. ^^v)

Tapiiii...
Dengan usaha yang tidak kenal menyerah akhirnya rubik sudokunya berhasil saya solve malam itu juga (malam di mana rubik sudoku itu saya pegang untuk pertama kalinya). Huaaa.. senang nya..
Setelah rubik sudoku sudah solving, saya jadi ngerti orieantasi arahnya. Jadi ketika mau solving lagi, sudah tidak begitu mengalami kesulitan.

Tapiiiii... (masih ada tapinya), angka 5 yang di centernya ternyata selalu terbolak-balik. Susah banget buat angka 5 nya supaya benar arahnya. Daaannnn.. ada satu catatan kecil (lagi), rubik sudoku saya itu ternyata memiliki kesamaan dengan rubik void (rubik donat), karena warna nya yang putih semua, menyebabkan tak ada warna yang bisa dijadikan sebagai patokan. Hmmm... membuat rubik sudoku terkadang mengalami 2 sudut yang tertukar di layer 3 nya (kalau udah gini, rasanya pingin putus asa aja. Udah pusing nyusun angka sampai layer 2 dan 3, eh pas di layer 3, sudutnya tertukar... T_T. Biasanya sih saya ulang lagi nyusunnya dari layer 2.. hikss..)

Dan laluuuu...
Kemarin saya jalan-jalan ke toko yang katanya ada jual rubik (boleh nih di coba, sapa tau ada rubik yg belum saya punya). Dan dari toko itu, saya memperoleh 2 buah rubik lagi, hee...
Rubik twist uk medium dan rubik sudoku dengan warna (tapi cuma gantungan kunci nya aja sih..)
Hohohoho.. Tanpa pikir panjang langsung beli (padahal lagi ga pegang uang, akhirnya utang dl sama kawan. hahaha :D).

Maka akhirnya rubik2 itu pun mjd milik saya. Terkhusus rubik sudoku, rubiknya ternyata sudah ada yang ngacak :((
Tapi untungnya, rubik sudoku ini berwarna, jadi lebih mudah untuk menyelesaikannya dan oleh sebab itu saya bisa mensolvingnya DENGAN selalu memperhatikan angka 5 (centernya) agar tidak terbolak-balik. Dan saya BERHASILLLL!!! (senangnya.. :D)

Ga mau lagi ah ngacak.. Soalnya susah buat ngembaliinnya. Jadi, kita tinggalkan saja rubik sudokunya di lemari dan kita lanjut ke 3x3 sajaaa...
full PLL menantiii.. >.<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar