Senin, 12 Juli 2010

[curhat] stackmat


Setelah main rubik (lagi) 2 hari terakhir dalam rangka mengisi weekend, sy pun diajarin rumus baru oleh adik saya. Kurang tau juga nama rumusnya apa. PLL or OLL or apa lah, sy kurang tau. Yang jelas sekarang sy jadi punya banyak variasi buat solving rubik.

Masalah seberapa cepat sy bisa solving, hohoho... mungkin memang masih jauh dari cepat. Belum bisa di bawah 1 menit (reflek jueleeeeekkk T_T). Tapi tak apa, sy tetap senang memutar cube itu dan semakin ingin menambah koleksi rubik sy (hikss... dsini nih beratnyaaaaa... ).

Selain rubik dengan berbagai macam bentuk, sy juga pingin mengkoleksi berbagai accessories pelengkap untuk bermain rubik. Di antaranya:
1. Stackmat (timer atau pewaktu untuk mengetahui berapa detik/menit kita bisa solving rubik)
2. Eye Shade (penutup mata buat blind solving)
3. Competition Carpet (karpet buat kompetisi yang bisa mengurangi hentakan rubik dan lantai saat rubik dilepas sesudah solving)
4. dan lain-lain

Tetapi, buat sekarang sih, keinginan yang paling menonjol adalah keinganan buat beli Stackmat. Dan harga Stackmat ternyata jauh dari murah. Harganya Rp. 400.000!!!! Hikss.. mahalnya.... T_T
Dan setelah ngubek-ngubek kaskus, googling, dan buka-buka dagangan beberapa toko rubik di FB, sy berhasil mendapatkan harga paling murah untuk Stackmat, yaitu dengan harga Rp. 375.000 (yang menurut sy, tetap aja mahal T_T).
Stackmat dengan harga tersebut adalah stackmat keluaran darinya Speedstacks yang memang biasanya dipakai buat kompetisi.

Sayapun terus mencari, kira-kira ada ga yang jual timer dengan harga yang lebih terjangkau?? Akhirnya saya menemukan sebuah timer (di toko rubik yang sama di mana sy menemukan Stackmat keluaran Speedstacks dengan harga Rp. 375.000) yang harganya jauh lebih murah yaitu cuma Rp. 100.000. Waw, ini berita yang bagus. Karena harga yang ditawarkan sangat-sangat jauh di bawah harga awal.

Tapi...
Pasti ada tapinya kan...

Timer yang harganya Rp.100.000 itu adalah keluaran QJ yang konon katanya memang suka mengkloning all about rubik. Kualitas puzzle untuk QJ sih lumayan (beberapa puzzle sy ada yang merk QJ). Tapi bagaimana dengan Stackmat nya?? Apa lumayan juga???

Akhirnya sy googling lagiiiiii...
Dan berhasil menemukan sebuah info yang penting. Berikut yang bisa saya kutip:

setelah sebulan saya membeli QJ, saya akhirnya mau mereview qj timer ini..
pendapat subyektif saya ttg timer ini adalah:
kekurangan:
1. portless, jadi ga bisa dihubungkan ke display (kynya ga berguna karena untuk keperluan pribadi jrang disambung ke display), oleh karena itu, timer ini tidak bisa dipakai di kompetisi WCA (menurut peraturan, timer yg dipakai minimal stackmat generasi 2
2. display timernya agak kusam, jadi agak susah terlihat.
3. ga bisa save time.
4. respon sensor nya suka error (pengalaman saya: wktu menyentuh sensor sebentar, tiba2 lampu indikator hijau lgsg menyala sndiri, tapi error itu sudah hilang, dan menurut bbrpa cuber ada yg ada yg mengatasi dgn cara membuka tempat baterai dan men set ulang baterainya)
5. tidak bisa dicantel ke mat
6. respon waktunya lebih lambat (berdasarkan bbrpa cuber yg menggunakan stackmat, mendapat waktu 0.01s tidak pernah mereka dapatkan, paling cepat adalah 0.02s, namun pada QJ timer, saya mampu mendapatkan waktu tercepat 0.01s, bahkan 0.00s!! )
7. plastiknya ringan banget, keliatan ringkih banget.. (by Shade)

kelebihan:
1.harganya murah, tapi selayaknya ada harga ada kualitas, semua tergantung pilihan anda
2. warna ny bervariasi (ada hitam, pink dan putih
3. Bisa jadi hadiah murah meriah untuk pacar, supaya semangat main rubik juga XD (by chuck)- i like this.. :D

Sumber: http://rubikku.ning.com/group/pojokhardware/forum/topics/competition-timer-speedstacks?xg_source=activity

Nah.. Nah...
Ternyata ada rupa ada harga. Barang mahal biasanya menawarkan kualitas yang lebih. Tapi bukan berarti stackmat merk QJ sy hapus dari list 'must be have' nya sy. Ya saya pikir-pikir dulu lah sambil ngumpulin budget. Hehehe...

Untuk sementara saya harus puas dengan aplikasi timer buat PC yang saya donlot dari sebuah situs (hasil googling juga.. :D).
Kalau ada yang minat nyoba-nyoba juga, bisa donlot di sini.

Kemarin sih nyoba pake timer yang ini, paling cepat solving rubiknya 01.14 (xixixi.. payahnyaaaa... kata para cuber sih, masih cupu, hahaha)

Wkekeke.. Intinya keep spin my cube.. :D

3 komentar: