Selasa, 12 Juni 2012

Foto-Foto Candid: Backpackeran ke Malang - Solo - Jogja

Bismillah,

Barusan buka-buka foto waktu kita backpackeran kemarin dan nemu foto candid yang diambil pake kamera hape, makanya jadi terinspirasi buat nulis kejadian-kejadian unpredictable waktu kemarin backpackeran. Karena selalu ada cerita di balik sebuah foto, apalagi kalau foto itu meninggalkan kesan yang ga mudah buat dilupakan. Kadang, kalau ingat waktu itu, bikin bibir susah ditahan buat ga senyum-senyum, hihihi. :D

Cuma ada 15 foto yang sempat terambil secara candid menggunakan hape, karena sisanya kita mencoba 'seanggun' mungkin tampil di depan kamera pocket kita masing-masing (wkwkwkwk... narsisnyaaaa :pp). Tapi jadi sedikit nyesal juga, karena ternyata foto dengan hape itu meninggalkan kesan yang gimanaaa gitu (jadi berasa kurang banget, cuma punya 15 foto dari hape, hikss), soalnya kalau pake kamera hape kan lebih praktis jadi moment-moment yang kadang cuma berlangsung sebentar bisa diabadikan dengan menggunakan kamera hape. Di sini nih menangnya si kamera hape dibanding kamera pocket.
Oke lah, langsung aja ya diceritain tentang ke 15 foto-foto tersebut. :)

Foto Pertama

Foto ini saya ambil pake kamera hape saya pas waktu kita masih di bandara Syamsudin Noor nunggu pesawat kita mau berangkat dari Banjarmasin ke Surabaya. Waktu itu saya, Yayuk, dan Yuli lagi memfixkan rencana jalan-jalan kita. Deg-degan, karena takut kalau-kalau ada rencana yang tidak berjalan sesuai harapan. Tapi alhamdulillah, semuanya sukses walau ada kendala di sana sini. Ada pengalaman unik waktu di bandara Syamsudin Noor ini, di mana saya sempat ditegur sama petugas pintu masuk. Katanya tas saya harus dimasukkan bagasi karena di dalamnya ada gunting. Waduh!!! Padahal saya dkk berencana untuk ga ada yang bagasi biar nanti pas nyampe di bandara Juanda kita bisa langsung menuju stasiun Gubeng tanpa harus menunggu bagasi yang notabenenya lama.
Akhirnya, demi menghindari ransel saya dimasukkan ke bagasi, sayapun berniat membuang gunting saya. Tapi alih-alih membuangnya, Yayuk akhirnya memutuskan untuk menitipkan gunting saya tersebut kepada salah satu temannya yang bekerja menjaga sebuah toko di bandara. Terus, si teman Yayuk tersebut dengan baiknya bersedia dititipi gunting dan bilang ke saya, nanti ambil aja lagi gunting nya di toko dia, kalau kami sudah pulang ke Banjarmasin lagi. Tapi sampai dengan sekarang, gunting itu belum juga saya ambil, heee... :D

Foto Kedua

Foto ini diambil di Stasiun Gubeng Lama, Surabaya. Waktu itu kita mau ke Malang. Capek banget, baru nyampe di Surabaya udah harus langsung naik KA ke Malang. Dan ini pertama kalinya saya naik moda yang bernama Kereta Api. Foto ini saya yang ambil dari sisi dinding peron yang ada tempat buat nge-charge hape, karena waktu itu battery hape saya emang lagi drop. Trus saya iseng ngambil foto ini yang ada Yayuk sama Yuli lagi duduk di kursi tunggu.
Ada kejadian lucu ga lama setelah saya ngambil foto ini, tepatnya ketika sebuah KA datang dan menjemput para penumpang. Kami cukup yakin, kalau kereta itu bukan kereta kami. Tapi ketika kereta itu mulai jalan, tiba-tiba ada tulisan KA PENATARAN segede-gede gambreng di sisi badan si kereta, yang membuat Yayuk dan Yuli kaget dan reflek mau ngejar itu kereta. Karena KA yang akan kami gunakan ke Malang memang bernama KA PENATARAN. Mereka sih enak karena duduk di kursi tunggu, jadi jarak dengan keretanya ga terlalu jauh. Kalau mau ngejar mungkin masih mampu. Sedangkan saya?? Saya yang masih berdiri setia nungguin hape saya di tempat charge. Walaupun sempat kaget dan pingin ngejar keretanya tapi akal sehat saya merasa kalau saya ga bakalan bisa ngejar kereta itu yang udah cepet jalannya. Akhirnya saya pasrah aja kalau Yayuk dan Yuli emang sanggup ngejar dan masuk kereta itu ninggalin saya. Lagian dalam pikir saya, toh semua tiket KA nya ada di saya, hehehe, bakalan sia-sia kalau mereka nekad mau ninggalin saya.
Tapi mereka ternyata urung juga ngejar kereta itu, mungkin karena merasa ga sanggup ngejar soalnya keretanya jalannya cepet. Trus mereka cuma bisa nengok saya dan akhirnya ketawa cekikikan. Pas saya deketin mereka, kami bertiga langsung ketawa menertawakan kebodohan yang hampir kami lakukan. Karena ternyata kereta tersebut memang bukan kereta kami. Masih setengah jam lagi kereta kami baru menjemput. Huhuhu.. benar-benar pengalaman yang seruu!!

Foto Ketiga dan Keempat

Foto ini diambil pake kamera hapenya Yuli. Ini foto kita waktu naik becak di Malang, tepatnya dari stasiun Malang ke hotel. Karena merasa naik becaknya nyaman dan menyenangkan, makanya kita narsis foto pake hape, hehehe :D

Foto Kelima, Keenam, dan Ketujuh

Foto ini masih diambil oleh kamera hapenya Yuli dan masih diambil di Kota Malang, waktu naik becak dari hotel menuju stasiun Malang. Padahal waktu itu kita pingin jalan kaki aja tapi tiba-tiba ada kakek tukang becak yang maksa kita naik becaknya. Kami sih pingin aja naik becak, tapi becaknya cuma satu sedangkan kami bertiga dengan bawaan udah kayak orang mau pindahan. Apalagi becak di Malang itu lumayan kecil ukurannya dibanding dengan becak di Banjarbaru. Kayaknya ga bakalan muat deh. Tapi si kakek tukang becak tetap maksa kami buat naik becaknya. Kami tetap ga mau, takut kalau si kakek ga sanggup menggenjot becak yang isinya kami bertiga plus barang bawaan. Tapi si kakek tetap kekeuh, hedeeehhhh... Akhirnya kamipun naik becak itu karena si kakek emang pantang menyerah. Hihihi, malah jadi pengalaman yang tak terlupakan. Kami jadi tontonan di sepanjang jalan, terutama pas di stasiun, wkwkwk.. Yaudah lah, toh ga da yang kenal ini, hehehe.. Oiya, Yuli juga sempat merekam moment ini dalam bentuk video di hape loh. Jadi makin senyum-senyum ga jelas kalau liat videonya itu :D

Foto Kedelapan dan Kesembilan

Foto ini diambil waktu kita makan di warung angkringan di kota Solo. Pingin moto pake kamera pocket biar lebih jelas, eh kamera pocketnya malah ketinggalan di kamar hotel. Akhirnya cuma moto pake kamera hape Yuli yang untungnya ada lampu flashnya. Awalnya saya kira, hasil fotonya hitam aja karena waktu itu emang remang-remang banget. Tapi alhamdulillah ternyata hasil fotonya lumayan.
Waktu di angkringan ini, ada kejadian lumayan lucu yaitu waktu kami bertiga akhirnya memutuskan memesan mie instant untuk makan malam walaupun sebelumnya sudah makan nasi goreng di dalam KA BIMA (KA yang mengantarkan kami ke kota Solo dari kota Malang).
Saya dan Yayuk memesan mi goreng Sedaap. Nah si Yuli tiba-tiba ngomong ke yang jualan, "Mas, aku pesan mie Soto Banjar Limau Kuit aja." Wkwkwk.. Si mas yang jualan bingung, mie apa itu?? Hihihi.. Akhirnya si mas nya nyuruh Yuli untuk beli aja mie itu di warung kaki lima deket situ, biar nanti dia masakin. Di warung tersebut ternyata Yuli masih kukuh mencari mi Soto Banjar Limau Kuit yang tentu aja ga ada, wkwkwk. Akhirnya Yuli cuma beli mi Sarimi rasa Baso Sapi. Hahaha... Ada-ada aja si Yuli, dan kami jadi sering ngeledekin Yuli soal mie Soto Banjar Limau Kuit ini setelahnya. hihihi.. :D

Foto Kesepuluh

Ini adalah foto nasi liwet yang saya ambil di kota Solo. Waktu itu kami bertiga mau nyari sarapan walaupun udah dapet sarapan berupa roti + selai nanas + telur rebus + kopi susu dari hotel tempat kami menginap. Di depan gang, ketemu ibu yang jual nasi liwet. Jualnya lesehan di trotoar jalan. Kamipun memesan nasi liwet dengan lauk telur rebus. Huaaa... nasinya maknyuss banget. Sayur pepaya muda dengan cabe rawit hijaunya benar-benar enak, ditambah suiran ayam berbumbu dan sedikit kepala santan, haduh langsung dilahap tanpa ampun. Tapi pengalaman banget waktu makan nasi liwet ini, karena kayaknya kami dimahalin sama yang jualan. Mungkin beliau tau kalau kami ini pendatang, jadinya nasi liwet tersebut dihargai 10ribu per porsinya.

Foto Kesebelas

Foto ini saya yang ambil di stasiun SoloBalapan waktu Yayuk dan Yuli lagi antri tiket KA PRAMEX rute Solo - Jogja. Ada kejadian unik ketika itu. Di foto tsb, Yuli dan Yayuk udah dapet giliran beli tiket dan bisa dilihat masih banyak lagi orang di belakang Yayuk dan Yuli ngantri untuk membeli tiket KA PRAMEX. Akhirnya kami dapat tiket dengan harga 10 ribu per orang. Di tiketnya di bagian ‘nomor tempat duduk’ tulisannya TANPA TEMPAT DUDUK. Kamipun kaget. Belum selesai kaget kami. Tiba-tiba ada bunyi lonceng tanda kereta mau berangkat. Kami asli panik. Langsung masuk ke peron. Nanya sama petugas yang ada, bener ga itu kereta kami. Ternyata benar. Waduh, padahal masih jam 3 kurang, ga kebayang kalau kami telat sedikit aja, mungkin kami udah ditinggal kereta
Ga nyampe 5 menit, kereta langsung berangkat, kami jadi mikir, tadi waktu beli tiket, banyak yang masih di belakang kami ngantri tiket, berarti mereka ketinggalan kereta donk. Dan kebingungan kami akhirnya terjawab. Ternyata keretanya itu mundur dulu ke stasiun apa (lupa namanya. Jadi di Solo itu ada 2 stasiunnya), jemput penumpang (yang banyak ga kebagian tempat duduk), baru balik lagi ke stasiun SoloBalapan, jemput penumpang dan berangkat tepat pukul 15.10 WIB. Fiuhhh...

Foto Keduabelas, Ketigabelas, Keempatbelas, dan Kelimabelas

Foto-foto ini adalah suasana di dalam KA PRAMEX. Foto ini diambil oleh Yayuk menggunakan hape saya, karena saya ga berani ngambil foto di dalam kereta, takut dimarahin penumpang yang lain, hee... Kebayang kan betapa sesaknya naik KA ini, untungnya saya dkk masih kebagian tempat duduk. Kasian sama yang berdiri. Kasian juga sama yang duduk di lantai kereta beralaskan koran seperti cewek ABG di foto Kelimabelas berikut

******************************************

Hmmm... Sebenernya masih banyak pengalaman seru waktu backpackeran kemarin yang rasanya belum sempat tertuliskan. Kalau mau liat tulisan (lumayan) lengkapnya tentang pengalaman backpackeran kemarin bisa melihat catatan saya sebelumnya di sini.