Senin, 18 Juni 2012

Klappertaart Wilton



Pernah dengar tentang Klappertaart?? Itu loh, kue khas dari Manado, berbahan dasar kelapa muda yang rasanya aduhai uenaaakk bangetttt. Manis-manis gimana gituu, dengan aroma kayu manis dan irisan daging kelapa muda serta taburan kismis menambah sempurna rasa kue ini, pokoknya bikin nagih dan bikin pingin nyendokin si klappertaart terus, untuk kemudian dimasukkan ke dalam mulut, huhuhu.. yummmyyy...

Karena di Banjarbaru ga ada yang jual klappertaart, maka hari Sabtu dan Minggu kemarin, saya dan Yayuk sepakat untuk mencoba membuatnya sendiri, tentu saja berbekal resep yang didapat dari internet. Dan untuk membuat klappertaart ini, alat yang paling penting adalah oven dan mixer. Karena kami ga punya dua alat ini, akhirnya kamipun meminjam sana-sini dan alhamdulillah, ada aja yang mau minjemin, hehehe. Jadi terpikir ntar suatu saat mau beli sendiri alat-alat itu. :D

Setelah alat sudah siap dan resep udah ada di tangan, maka kamipun mulai mencari bahan-bahan yang dimaksud dalam resep. Karena bahan dasarnya kelapa muda, maka sasaran kamipun warung-warung penjual minuman es kelapa muda, karena kalau mau nyari di pasar, kayaknya agak susah deh. Akhirnya dapat di daerah Mentaos. Dan malam itu, kamipun langsung mulai praktek membuat klappertaart untuk pertama kalinya. Dan hasilnya?? ga sukses!!! Tapi ga bisa juga dibilang gatot alias gagal total, karena dari segi rasa, klappertaart perdana kami ini lumayan lah, hanya saja jadinya sangat lembek dan ga ada toppingnya gitu, padahal perasaan saya waktu makan klappertaart bikinan toko, ada toppingnya, dan yang paling saya suka dari sebuah klappertaart ya toppingnya itu. Jadi mikir, kayaknya ada yang salah sama resep yang satu itu.

Lalu kami beralih, membuat rainbow cake. Itu loh, cake yang sekarang jadi populer banget, warna-warni kayak pelangi. Dan untuk off the record saja yah, ternyata rainbow cake kami juga gagal alias bantat, wkwkwkwk. Jadi, cerita si rainbow cake ini kita skip aja ya dan mungkin akan kembali saya tulis kalau saya memang nyoba lagi dan tentu saja kalau saya sukses buat bikinnya :D.

Kembali ke si klappertaart, karena merasa ada kesalahan di resep sebelumnya, maka sayapun memutuskan untuk googling lagi dan bertemu dengan website punya mbk Ferona, yaitu CakeFever.com. Resepnya lebih jelas dan dengan hanya membaca resepnya saja, rasanya air liur saya udah pingin netes. Hihihi... Eittss.. tapi ditahan dulu, karena hari sudah malam dan kelapa muda juga udah habis, jadi nunggu besok paginya untuk bisa mengeksekusi resep Klappertaart dari mbk Ferona.

**********************

Besoknya, setelah berburu kelapa muda lagi (kali ini sempat keliling-keliling dulu karena yang jual es kelapa muda belum pada buka kalau pagi. Dan akhirnya nemu kelapa mudanya di Jl. Panglima Batur Timur), kamipun langsung praktek lagi. Oiya, bagi yang mau nyoba juga ni saya copaskan resepnya langsung dari websitenya mbk Ferona ya.. Sedangkan gambar-gambarnya dari hasil saya masak kemarin :)


KLAPPERTAART WILTON

Klappertaart Wilton ini resepnya dari Blog Almarhumah Mbak Ruri. Tekstur klappertaart Wilton ini lembut, karena itu cara memakannya harus disendokin dari wadahnya. Aku tidak pakai rhum, aromanya didapat dari kayu manis bubuk. Saking seringnya bikin klappertaart ini, tiap mencium wangi kayu manis yang teringat malah klappertaartnya, hihihi. Untuk wadahnya aku pakai aluminium foil kecil-kecil supaya pas sekali makan. Enak dimakan dingin-dingin, hmmmm yummy!

Ingredients:

1000 cc fresh milk (aku pakai susu UHT)
250 gram gula pasir
50 gram tepung terigu
50 gram tepung custard
50 gram maizena
150 gram mentega atau margarin
6 butir kuning telur
2 buah kelapa muda, kerok isinya saja
100 gram kenari panggang cincang (aku ndak pakai)
Kayu manis bubuk

Topping :
6 butir putih telur
4 sdm gula pasir
2 sdm tepung terigu
Kismis direndam air hangat, peras dan ciprati rhum & kayu manis bubuk (Kismis ndak aku rendam dan ndak pakai rhum, biarin aja tampil apa adanya)

How-To :

Didihkan 800 cc fresh milk dan gula pasir
Larutkan tepung terigu, custard dan maizena dengan 200 cc fresh milk
Masukkan campuran susu dan tepung ke dalam susu panas, aduk terus sampai mengental dan meletup-letup
Angkat dari api, masukkan mentega, aduk rata
Masukkan kenari dan kayu manis bubuk
Masukkan kuning telur satu persatu
Masukkan daging kelapa muda, aduk rata
Masukkan adonan ke dalam cup sampai ¾ tinggi
Bakar dengan cara ditim selama 15 menit dengan suhu 160° sampai ½ matang


(penampakan adonan sebelum dibakar dengan cara ditim)

Sambil menunggu, siapkan adonan topping: kocok putih telur dengan mixer sambil dimasukkan gula sedikit sedikit sampai kaku
Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan spatula
Semprotkan toping keatas adonan ½ matang sampai cukup tinggi, taburi dengan kismis dan kayu manis bubuk



(penampakan setelah toping disemprotkan dan ditaburi kismis + kayu manis bubuk)

Bakar lagi sampai toping berwarna kekuningan

Catatan:
Supaya campuran tepungnya bisa halus dan tidak bergerindil atau menggumpal, aku lebihkan susunya jadi sekitar 300 cc tapi total tetap 1000 cc ya. Larutan tepung jadi lebih encer dan untuk lebih meyakinkan lagi, aku saring larutan tepungnya itu. Hasilnya ketika larutan tepung dicampur ke susu yang mendidih dan mengental, menjadi lebih halus dan tidak menggumpal.

Perhatikan waktu panggang karena akan berbeda hasilnya tergantung oven masing-masing. Bila di resep tertulis 15 menit, belum tentu di oven anda juga 15 menit. Di oven listrikku bisa 25 menit, di oven tangkringku bisa 15 menit. Jadi kenali ovennya masing-masing ya …

Satu resep ini bisa jadi 2 aluminium foil ukuran 20cm atau sekitar 20-25 aluminium foil yang kecil-kecil.

Saat menyemprotkan topping, perhatikan agar toppingnya bisa rapat memenuhi permukaan klappertaart. Permukaan yang tidak tertutup rapat membuat penampilan klappertaartnya kurang cantik.

Baca Juga:
Read more: Klappertaart Wilton | CakeFever.com http://www.cakefever.com/klapertart-wilton/#ixzz1y6YKWLAG
Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

**********************

Setelah kami coba, ternyata kami berhasil!! Huaaa, senangnya... terharu jugaa.. :D
Kami bener-bener ngikutin langkah-langkah yang dituliskan mbk Ferona loh, apalagi untuk bagian "Catatan"nya, benar-benar manjur. Ternyata oven yang kami pakai malah masaknya lebih lama, jadi emang harus benar-benar mengenali ovennya.

Tapiii, ada juga beberapa langkah yang kami ubah, misalnya untuk susu, kami tidak memakai susu UHT, melainkan susu bubuk untuk kue yang kami seduh dengan air hangat. Karena susu yang kami pakai sudah ada rasa manisnya, maka untuk gula, kami kurangi menjadi 200 gram saja. Sisanya, kami ikut apa kata mbk Ferona saja. :)
Trus kami juga mencetaknya dalam wadah yang kecil dan ada juga wadah yang lumayan besar (ga ngukur diameternya sih.. :D)
Mau liat tampilan Klappertaart Wilton buatan kami?? Ini dia nih... :)









Cantik kaannn?? Rasanya juga ga kalah sama penampilannya loh, bener-bener maknyusss dan manisnya pas. Jadi terpikir mau jualan klappertaart ini, karena di Banjarbaru belum ada yang jual. Hehehe... Ya liat nanti saja lah... :D

Oiya, karena bikin kue dari daging kelapa muda, maka air kelapa mudanya saya bikin minuman ditambah dengan sirup merah dan potongan es batu. Wiii, benar-benar jodoh yang klop, klappertaart dan es kelapa muda... :D



**********************

Dan setelah sebelumnya cuma nyoba cooking dengan hasil selalu sukses. Maka, saya jadi sadar bahwa baking jauh lebih sulit dari cooking. Di baking itu, banyak langkah-langkah yang harus diikuti sesuai prosedur dan ga boleh salah gitu. Ga boleh asal campur dan dari mengadukpun kadang-kadang ada tata caranya loh. Dari beberapa kali nyobain baking, jujur saja saya banyak gagalnya.. :p Tapi kalo udah berhasil rasanya puas n terharu gitu. Jadi pingin nyoba lagi kapan-kapan. Hehe..

Ayo yang mau nyoba bikin klappertaart sendiri, monggo dicoba resep di atas.

Moga bermanfaat ya :)


4 komentar:

  1. terimakasih mbaaaaa...enak sekali iniiiiiiiiiiiiiiiiiiii

    BalasHapus
  2. dicatat dan menunggu waktu untuk dipraktekkan

    thanks, no... ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ni ka fitri kan?? sipp ka.. moga sukses bikin klappertaartnya yaa.. ;)

      Hapus