Senin, 10 Januari 2011

UC Browser


Sebagian besar orang mungkin sudah mengetahui keberadaan browser ini sejak lama, sejak diluncurkannya ia pertama kali di Indonesia pada bulan Agustus tadi. Tapi saya baru-baru ini saja mengetahui tentang browser yang satu ini. Itu pun dari proses yang bisa dibilang 'ketidaksengajaan'.
Di awali dari pusingnya saya memakai Opera Mini lastest version, dimana tombolnya qwerty. Hufftt susah sekali menggunakannya di hape saya (Samsung Monte) karena hape Monte seperti yang kita ketahui bersama adalah hape full touch screen. Alhasil saya kesusahan mengetik tulisan di browser Opera Mini saya karena ya itu tadi, tombolnya qwerty, sedangkan jari saya bisa dikatakan besar semua, hehehe...
Akhirnya saya mencoba membuka situs www.getjar.com untuk menemukan aplikasi Opera Mini versi terdahulu, tapi nihil. Sayapun iseng mencoba mencari aplikasi yang lain yang notabenenya browser juga. Akhirnya saya menemukan satu aplikasi yang bernama UC browser. Awalnya sih saya ragu, download ga ya? Karena rasa-rasanya saya belum pernah tau tentang browser yang satu ini. Apalagi ditambah tak ada satu testimoni pun tentang browser ini yang bisa saya jadikan acuan apakah browser ini browser yang bagus atau tidak. Tapi dilihat dari jumlah downloadernya yang mencapai angka jutaan, maka sayapun akhirnya memutuskan untuk mendownload dan menginstall aplikasi ini di hape saya.

Ternyata aplikasi ini tidak mengecewakan sama sekali. Secara tampilan, hampir mirip dengan Opera Mini, tapi namanya juga baru pertama kali liat dan pakai, otomatis agak kagok sedikit dalam menggunakannya. Harus sering-sering diutak-atik gitu deh, hehehe...

Dari icon UC browser ini yang bergambarkan rubah imut dan lucu, semakin mengingatkan saya pada sebuah browser yang luamyan terkenal, apalagi kalau bukan Mozilla Firefox? Hmm.. sayapun penasaran, apa iya si UC browser ini adalah jelmaan si Mozilla Firefox seperti halnya Opera Mini yang merupakan jelmaan browser Opera untuk aplikasi handphone? Maka seperti biasa, sayapun akhirnya googling dan googling. Dan saya malah menemukan artikel yang berisikan info yang lain yang membuat saya tidak menyesal sudah menggunakan aplikasi UC Browser ini. Berikut yang bisa saya kutip:

Mungkin bagi sebagian teman, artikel ini sudah terlambat. Atau mungkin juga bagi sebagian teman, sudah terbiasa menggunakan Browser Mobile yang satu ini. Tapi bagiku nggak ada kata terlambat untuk berbagi apa yang kita tahu. Aplikasi UC Browser 7 ini adalah salah satu aplikasi browser hebat untuk ponsel. Aplikasi ini mempunyai banyak versi, mulai dari Java, Symbian, Windows Mobile (Beta), Android (Beta),Iphone (Beta), jadi hampir semua ponsel dapat menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini dulu waktu versi 6.3 dinamakan UCWEB, tapi kemarin pas update, ternyata namanya berubah menjadi UC Browser 7. Kalau namanya berubah, bagaimana dengan kinerjanya?

Untuk startup, tampilannya berubah menjadi lebih menarik, dengan menampilkan gambar seperti di atas. Untuk kinerja, sedikit lebih cepat. Untuk download, sangat stabil, walaupun kadang terjadi disconnect.

UC Browser 7 ini memang kalah jauh di sisi tampilan hasil browsingnya, apalagi kalau di bandingkan dengan Opera Mini. Tapi kalau masalah kinerja, UC Browser 7 merupakan browser ponsel paling OKE. Aplikasi Browser ini juga menerapkan sistem kompres data seperti Opera Mini. Jadi misalnya halaman aslinya sebesar 500Kb, maka akan berubah menjadi 50Kb saja. Jadi nggak bikin kantong bolong karena kehabisan pulsa. Sistem kompres datanya di terapkan pada image yang ada pada suatu halaman web, kita juga dapat mengatur kualitas image hasil browsingnya. Ada beberapa pilihan tampilan image, antara lain : No, Micro, Low, Normal, High. Semakin baik tampilan imagenya, semakin besar pula data yang harus di download untuk membuka sebuah situs. Jadi saya sarankan memakai setting Low, pada imagenya.

Selain image, aplikasi ini juga mendukung tampilnya animasi, ini salah satu kelebihan dari UC Browser di bandingkan Browser yang lain. Tapi kalau mau benar-benar irit, kita bisa mensetting untuk me-nonaktifkan animasinya

Kalau masalah download, UC Browser 7 masih belum ada tandingannya. Saya pernah mencoba mendownload file installer ACDSee sebesar 50Mb. Kalau disconnect, tinggal klik resume, sempat juga kehabisan baterai, dan download berhenti di tengah jalan. Tapi ketika baterai sudah di isi, dan saya coba nyalakan lagi UC Browser 7, dan masuk Download manajer, tinggal klik resume, lalu download jalan lagi.

Tapi masih ada masalah untuk download file berformat mp3, saat download berhenti di tengah jalan, maka tidak akan bisa di resume lagi. Itu dikarenakan filenya sudah bisa di buka, walaupun lagunya tidak lengkap.

Masalah download juga terjadi saat kita menciba download file zip atau rar, yang di dalamnya terdapat puluhan file file kecil. Dulu saya pernah download wordpress.org yang berformat zip. Karena koneksi lambat, hasilnya saya gak pernah berhasil sampai tuntas downloadnya. Di resume juga nggak mau. (Sumber:http://rampadan.wordpress.com/2010/01/29/aplikasi-uc-browser-7-browser-mobile-terbaik-disisi-download-manajer-evolusi-dari-ucweb-6/)

Waw, ternyata UC Browser ini semakin 'menarik' saja.. :D
Bagi yang senang online via handphone, saya anjurkan agar mencoba aplikasi yang satu ini. Siapa tau kamu lebih merasa nyaman dengan browser yang satu ini dibandingkan dengan browser yang sekarang kamu pakai, seperti yang saya rasa sekarang?? :D

So, bagi yang mau nyoba bisa di download di www.getjar.com. Have a nice try..

*Sampai dengan sekarang masih belum menemukan jawaban apakah si UC Browser ini jelmaan dari Mozilla Firefox atau bukan. Kalau ada yang tau, tolong kasih tau saya ya.. :D

2 komentar:

  1. hai, aku baru kenal UC Browser. baru aja instal d hp ku. hehe.

    hm kompresinya oke bgt. bkalan hemat bgt nih pake browser ni. uhuy.

    meski agak susah krna dr enam tahunan cuma kenal Opera Mini, hehe jadi agak adaptasi. but its okey.

    ohya, bantu jwb aja, untk via ponsel, Mozilla punya aplikasi sendri. dan namanya tetap. Mozilla Firefox.
    jadi kyknya UC browser dan firefox itu dua hal yg berbeda.

    BalasHapus
  2. iya.. setelah tulisan ini aku tulis, baru keluar tuh browsernya mozilla untuk hape :D

    Sekarang aku malah pake opera mini di andro ku, hihihihi... Udah nyaman aja pke opera mini, jadi ga dipake dulu UC browsernya :D

    BalasHapus