Senin, 19 November 2012

Big Coffee

Bismillah,

Berhubung saya suka sekali yang namanya wisata kuliner, maka secara tidak langsung terbersit niatan di pikiran saya untuk mengisi blog saya ini dengan review-review tentang tempat makan. Entah itu tempat makan di Banjarbaru – Martapura pada khususnya atau di seluruh penjuru dunia pada umumnya. Semoga saja review-review ini bermanfaat buat yang suka wiskul (baca: makan) juga dan mudah-mudahan bermanfaat buat yang buka usaha tempat makan (semacam promosi gratis gitu deh :D).

Kali ini saya mau review sebuah tempat makan atau lebih tepatnya sebuah cafe di Banjarbaru. Yang namanya cafe, di Banjarbaru ini sepertinya masih sangat sedikit sekali (yang beneran cafe loh ya, kalau cafe-cafean sih mungkin banyak juga kali ya, hehehe). Nah, cafe yang mau saya review kali ini termasuk yang oke loh. Dan cafe tersebut bernama: Big Coffee.
Tadinya saya pikir Big Coffee di Banjarbaru ini merupakan franchises dari Big Coffee yang ada di Jakarta atau di kota mana lah yang notabenenya lebih besar dari Banjarbaru. Ternyata saya salah. Big Coffee ini ternyata the one and only hanya ada di Banjarbaru. Saya dapat info ini dari teman saya yang suaminya katanya kenal sama pemilik cafe ini.

Awalnya saya sempat ga percaya, sampai saya googling segala untuk membuktikan hal tersebut. Dan yang saya dapat dari googling adalah bahwa Big Coffee ini memang tidak ada di kota manapun di Indonesia (setidaknya tidak ada tulisan/review tentang Big Coffee di mesin pencarinya mbah Google, yang ada malah Big Coffee di luar negeri yang tentu saja bukan Big Coffee seperti di Banjarbaru ini). Ini menandakan kalau Big Coffee ini memang satu-satunya dan cuma ada di Banjarbaru. ;)

Mungkin ada yang penasaran, koq saya sampai segitunya ga percaya kalau memang Big Coffee ini bukan sebuah franchises? Soalnya, Big Coffee ini terkesan ‘bonafide’ gitu deh, dilihat dari produk makanan/minuman yang disajikan, betul-betul memperhatikan hal-hal kecil (kalau kata chef Juna tuh ya: attention to detail :D), seperti pipet yang dibungkus kertas berlogo Big Coffee, pun sugar atau gula yang juga dibungkus kertas berlogo Big Coffee, membuat saya berpikir kalau tempat ini bukan sembarang tempat. Bahkan makanannya apalagi minumannya, ga bisa dibilang ‘asal-asalan’.

Logo Big Coffee

Sebut saja untuk kopi (menu utama di cafe ini), banyak sekali tersedia pilihan yang tentunya bakalan membuat para penggila kopi tersenyum bahagia. Dari kopi luwak sampai kopi lainnya tersedia lumayan lengkap di tempat ini yang sayangnya tidak bisa saya sebutkan satu persatu bahkan saya tak punya fotonya satupun untuk dibagi di sini, karena jujur saja saya bukan penggemar kopi. Mungkin hanya sekali dua saja saya memutuskan menikmati kopi, itupun dalam bentuk iced cappucino racikan Big Coffee yang enak banget. Saya ini memang cenderung suka minum teh poci atau fresh orange di tempat ini. Dua minuman itu lah yang sering saya pesan di Big Coffee. Tapi kalau dilihat dari menunya, seingat saya Big Coffee ini menawarkan banyak sekali pilihan minuman dari yang hot (panas) sampai dengan yang cold (dingin). Mantab lah pokoknya.

Teh Poci ala Big Coffee

Fresh Orange ala Big Coffee

Sedangkan untuk makanannya, di sini banyak sekali pilihan yang kadang bikin saya galau karena semuanya tampak enak. Untuk makanan beratnya, seingat saya, ada nasi goreng dan nasi sop ala Big Coffee. Saya pernah icip yang nasi gorengnya, emm saya pikir kurang maknyuss di lidah saya, dan saya biasanya cenderung pesan snack aja sih kalau nongkrong di sini. Snack di Big Coffee ini ada yang sweet bagi yang suka manis-manis, tapi bagi yang suka asin/gurih banyak juga pilihan snacknya yang saya yakin bisa sangat memuaskan.

Untuk yang suka manis, di antaranya ada Choco lava with ice cream. Semacam cake coklat dengan isian coklat meleleh di dalamnya (namanya juga choco lava :D) yang disajikan dengan es krim (es krim nya bisa pilih: strawberry/vanila). Kemudian, ada pula Cinnamon Roll, yakni pastry yang digoreng lalu diberi bubuk kayu manis dan gula halus serta pelengkap sirup maple yang manisnya gimanaa gitu, hehehe. Lalu ada original pancake yang saya sukaa banget, manis nya pass, dan pelengkapnya juga adalah sirup maple.
Sebenarnya masih ada pilihan lainnya yaitu waffel, dll tapi saya belum sempat aja untuk icip, mungkin next time kali ya.

Original Pancake with Maple Syrup ala Big Coffee

Cinnamon Roll ala Big Coffee

Choco Lava with Ice Cream ala Big Coffee

Nah, untuk snack asin/gurihnya, di Big Coffee ini ada Zupa Soup (my favorit, hehehe), macaroni schotel, ekado yang uenak banget, dan tentu tak ketinggalan french fries alias kentang goreng, serta snack lainnya yang memang saya ga hapal sepenuhnya :D.

Ekado ala Big Coffee

Zupa Soup ala Big Coffee

Dari segi makanan dan minuman (rasa dan tampilan), bagi saya Big Coffee ini termasuk kategori recommended. Untuk lokasi juga sudah oke, lumayan berada di tengah kota Banjarbaru, tepatnya di bundaran Panglima Batur (sekitaran depan STM YPK Banjarbaru). Hanya tempatnya saja yang agak kurang mantab karena masih bertempat di ruko, jadi kesannya kayak sempit dan (sedikit) pengap, padahal dekorasinya sudah lumayan juga loh ;). Moga ja ke depannya Big Coffee bisa dapat tempat yang lebih oke.

Salah satu lukisan yang menjadi dekorasi di Big Coffee

Untuk harga, lumayan terjangkau koq apalagi untuk kualitas rasa yang demikian enak, saya rasa banyak yang (akan) setuju kalau harga makanan dan minuman di Big Coffee ini termasuk kategori 'bersahabat dengan kantong'.

Bagi yang berkunjung ke Banjarbaru, jangan lupa mampir di Big Coffee dan kalau anda beruntung, biasanya akan ada sajian live music nya juga loh. Untuk info tambahan, cafe ini buka dari sore hingga malam hari (perkiraan saya sekitar pukul 16.00 s.d 24.00 WITA)

Mari ke Banjarbaru ;)

15 komentar:

  1. aku fans kopi, pas ini buka kk q langsung promosi habis2an soal big coffee nih. Pertama ke sini lawan sepupu q, kami mesan zupa soup dan sukses pusing makannya. Hahahaha... Untung ada kopi jadi pusingnya bisa dikendalikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waa.. zupa soup itu favoritku yan, biasanya ak tambahin merica yang banyak biar tambah sedap, hehehe....
      yanti suka minum kopi apa di Big Coffee?? Ntr mau nyobain :D

      Hapus
    2. Pernah nyoba cappocinno sama frapucinno.. Hanyar dua kali ke situ. hehehe... Pada dasarnya aku suka kopi No, jadi suka tarus :D

      Hapus
    3. aku kada yang suka banar sama kopi, cuma dalam taraf 'suka aja', hehehe. pingin nyobain kopi luwak sama kopi apa tuh yang minumnya nunggu dulu kopi nya menetes2 mpe secangkir penuh, hehehe... penasaran aja :D

      Hapus
  2. Balasan
    1. krn lagi hamil ya mbk jadi puasa dulu minum kopi?? eh mbk indri apa kabar??

      Hapus
    2. iya mbak, tp klo pas pengen bgt aq minum sitiiiiiiiiik hihihi...

      kabarq alhamdulillah baik mbak, mbak nora gimana kabarnyaling a posting ttg big coffe?gugling kali ya qeqeqe

      Hapus
    3. eh itu ketikan kok lompat2
      maksdnya gini

      kabarq alhamdulillah baik mbak, mbak nora gimana kabarny?

      asyik ya bisa dapat pocer. pak deni kok tau mbak nora posting big coffe ya? gugling kali ya qeqeqe

      Hapus
    4. kabar saya baik mbk... alhamdulillah :)

      iya nii, ga nyangka dapat voucher, hehehe. Saya juga penasaran, koq beliau bisa tau sama tulisan saya ini. Ternyata kaka beliau (salah satu owner Big Coffee juga) yang googling trus ngasih tau ke ka Deni. Akhirnya ka Deni yang kasih comment tuu.. Katanya iseng aja pake bahasa inggris, hehehe... Oiya, cerita kunjungan ke Big Coffee nya bisa diliat di http://nora-apriyani.blogspot.com/2012/11/big-coffee-part-2.html
      ^_^

      Hapus
    5. aq g mau liat ntar kepengen huhuhu
      #puasa kopi 9bulan

      Hapus
    6. hahaha.. gitu ya mbk?? yg sabar ya mbk, xixixixi... Moga kehamilanya lancar dan sehat ya mbk. Aamin41x... ^_^

      Hapus
  3. Dear Ms. Nora,

    Thank you for the review about our coffee house. As a new player in the coffee industry, Big coffee needs many objective reviews and critics from its customers. I really enjoy reading your reviews, it's been an honor that a young customer like you are giving us opinions from both side, the strength and weakness.
    In the near future we'll try to reduce our weakness so that our beloved customers will having a very good time here in Big Coffee Banjarbaru.
    In answer to your big question about "is Big Coffee a franchise?" Big Coffee was established in Banjarbaru in first of April 2011 and still learning to grow introducing and serving the best coffee from all over Indonesia, which is the best coffee in universe. So, you were correct Big Coffee Banjarbaru is the one and only Big Coffee in Indonesia.
    We'll try to develop some new menus, we hope that you can give us some suggestions about our new menu. Do you have any favorite foods or drinks that you like us to deliver in our new menu book? If you do, please don't hesitate to ask us, we'll try to make it best we can.
    We are preparing a voucher for you as a reward, we wish that you can enjoy spending more time in our coffee house with your beloved friends, family or relatives. We'll wait for your visit, Thank you so much.

    Warm regards,
    Deni W. Amir
    Chief operational officer Big Coffee Banjarbaru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good morning Mr. Deni.

      I was very surprised that you as Chief operational officer Big Coffee Banjarbaru read my review which is I made by someone request. In actually, I have long wanted to write about Big Coffee, especially about the taste and the look of the foods/drinks that Big Coffee served. But, here this, I just can write now and I think the result wasn't maximal.

      Well, I want to say thanks that you have answered my big question. I hope Big Coffee Banjarbaru will grow much bigger and maybe in the future will be another Big Coffee in other city in Indonesia.

      About the menus, I think I have some drinks or foods that I want to suggest to you. Maybe TEH TARIK will be nice to served in Big Coffee. I love teh tarik so much. And as fans of pasta, I want Big Coffee serves more choices of spaghetti especially fried spaghetti because I'm quite sure that fried spaghetti will more familiar in Indonesian's tongue.

      I can wait to visit your coffee house again. Thanks for your visit to my blog :)

      Hapus