Rabu, 14 November 2012

[Giveaway] Cerita Batikku

Bismillah,

Tring tring, mau ikutan Giveaway (lagi) nih... Kali ini Giveaway nya datang dari Kamaratih Fashion Olshop, yang mau ikutan dan liat info jelas tentang lomba ini, bisa langsung ke TKPnya di sini.

Nah, berhubung lomba ini mensyaratkan pesertanya untuk bercerita tentang batik - entah itu mengenai sejarah batik, pengalaman pas pake batik, berbagai motif batik dst - maka kali ini saya mencoba menuliskan semua pengalaman saya terhadap batik.

(Saya dan teman-teman kantor) Batik cantik gaya chibi :D

Sebenarnya, 'sedikit pengalaman' tersebut, sudah pernah saya tulis sebelumnya di postingan saya yang dulu dengan judul: alergi batik. Dari judulnya, tentulah sudah bisa ditebak isi dari tulisan saya tersebut. Yupz, tulisan tersebut memang tentang saya yang alergi dengan beberapa kain batik, yang saya curigai sebenarnya saya alergi dengan bahan pewarnanya. Koq bisa tho?? Saya juga bingung pemirsah, tapi begitulah adanya. Namun terlepas dari alergi tersebut, saya masih sangat menyukai batik, buktinya saya selalu pakai batik tiap hari Jumat (padahal karena emang diwajibin sama kantor pakai batiknya, hehehe). Saya sering menyebutnya dengan Jumat Batik.

Jumat Batik, kebetulan pas ada tanding futsal dalam rangka HLN. Kita-kita malah narsis foto-foto, hahaha :))

Jumat Batik, narsis depan mobil kantor, wkwkwk...

Jumat Batik, kebetulan ada acara perpisahan Pak Gatot Dwi yang dirayakan dengan perlombaan bulutangkis. Saya memutuskan untuk jadi penonton saja :D

Terlepas dari alerginya saya terhadap bahan pewarna tertentu, sungguh saya menyukai batik. Bagi saya batik menjadi semacam pakaian yang bisa dipakai untuk acara formal dan non formal.

Batik sendiri sudah melengkapi salah satu moment penting dalam hidup saya yaitu ketika saya Yudisium S1. Saya mengenakan kebaya dengan bawahan berbahan batik yang saya bikin di penjahit dengan uang saya sendiri. Waktu itu saya baru lulus kuliah, jadi uangnya adalah uang tabungan sisa beasiswa dari kantor bapak saya. Alhamdulillah bisa buat bikin kebaya untuk yudisium dan sekarang kebayanya masih ada di dalam lemari yang sayang sekali kebayanya sudah ga muat lagi untuk saya pakai, hihihi...

Saya yang ditengah, masih kuruuuussss :D

Selain yudisium yang terhitung acara formal, ke kondangan pun hampir 80% saya hadiri dengan memakai batik. Berikut beberapa gambar saya pakai batik di resepsi teman dan acara lainnya yang sempat terabadikan lewat beberapa foto.

Waktu walimahannya Arie TESAIGA

Waktu aqiqah Nabila (putri Ema TESAIGA)

Waktu walimahannya Nani Ariani TESAIGA

Sedangkan untuk non formal alias untuk pakaian sehari-hari di rumah, ada beberapa helai daster milik saya bercorak batik, yang benar-benar jadi favorit saya karena adem luar biasa. Sebenarnya ada beberapa foto saya dengan daster-daster batik tersebut, tapi sebaiknya tidak usah dipublish, biar jadi koleksi pribadi saya saja ya. *tiba-tiba sok ngartis :pp

Saking sukanya dengan batik, kalau ada teman kantor yang pulang ke Jawa, selain nitip dibeliin makanan, saya juga biasanya minta dibawain baju batik. Beruntung AsMan saya yang dulu orangnya baik, jadi saya dibeliin baju batik. Hanya saja, sayangnya, beliau beliin batiknya yang lengan pendek, jadi terpaksa harus dimanset. Dan sekarang baju batik tersebut sudah tak muat lagi dengan saya, untungnya sempat saya foto, jadi masih ada kenang-kenangannya (benefit of being narsis wkwkwk) karena sekarang bajunya sudah saya hibahkan.

Batik pemberian Pak Agus

Pun ketika teman baik saya - Yayuk, jalan-jalan ke Jogja, alhamdulillah, saya dibeliin batik yang saya suka banget model dan warnanya.Thanks Yayuk... :)

Batik dari Yayuk. Suka suka suka... ;)

Hingga suatu ketika saya sendiri yang berkesempatan ke Solo dan Jogja, maka batik menjadi salah satu  incaran saya. Di Solo saya hunting batiknya di PGS (Pusat Grosir Solo) yang jual semua tentang batik. Fiuhh.. rasanya pingin borong semuanya. Batiknya bagus-bagus tapi sayang alergi saya kembali kambuh, hikss. Tapi alergi tak menjadi penghalang saya untuk tetap berburu batik, di sela bersin-bersin saya tetap semangat borong batiknya. Akhirnya dapat batik bola untuk adik saya yang penggemar Juventus. Trus beliin beberapa daster batik cantik untuk kaka perempuan saya. Sedangkan untuk saya sendiri, saya beli celana batik (celana yasmin), yang sekarang jadi favorit saya juga.
Pas di Jogja, Beringharjo tentulah tempat yang tepat untuk berburu batik dan saya memperoleh sehelai gamis batik cantik untuk kaka ipar saya.

Oiya, mukena saya juga berbahan batik loh, hasil hunting di salah satu toko batik di kota saya.

Batik oh batik... Batik bahkan menjadi kenangan tersendiri bagi saya, karena waktu ultah 3 April lalu, saya dihadiahi baju batik oleh seseorang yang amat baik. Kadonya cantik, batik pula, sempurna lah pokoknya. Saking cantiknya tuh kado, sampai saya foto pake hape tepat ketika pertama kali kado tersebut saya buka. Emm, mana fotonya ya?? Bentar, tak ubek-ubek dulu hapenya. Untungnya masih tersimpan dengan baik fotonya. Nih dia nih fotonya:


a beautiful gift ;)
Well, kayaknya cukup dulu cerita saya tentang batik dan tiba saatnya saya untuk me-review salah satu produk dari Kamaratih. Produk yang saya pilih adalah Blouse Batik Wanita Lengan Panjang berwarna ungu (BLP-099).

Batiknya cantik, pingin deh punya, secara saya belum punya batik warna ungu (kebanyakan punya warna hijau). Apalagi blousenya lengan panjang, jadi tak akan ribet dipakainya karena tidak harus pakai manset. Belum lagi modelnya yang semi kebaya, membuatnya tambah cantik dan cocok dipakai untuk ke acara formal semisal menghadiri undangan resepsi perkawinan, dsb. Mudah-mudahan saya beruntung bisa mendapatkan baju batik ini. Aamin.

Mari cintai budaya Indonesia dengan salah satunya mencintai Batik.

”Kamaratih

6 komentar:

  1. yu ar biutipuuuuuul biutipuuuuuulllllll biutipuuuuul :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya ada yang hapal banget sama lagu nya cherybell, wkwkwk ^^v

      Hapus
  2. itu alerginya bersin2 gitu ya... brarti ga kuat sama bau malamnya kali ya... lama2 hilang sih baunya apalagi udah dicuci :D hihi..

    makasih ya entrynya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. bersin2 sampe sakit hidung nya, hehehe

      oke sama2 :)

      Hapus