Senin, 29 Oktober 2012

Ayam Tangkap Pasta



Bismillah,
Hari Minggu kemarin saya kembali memasak pasta, tepatnya sphagetti. Hasil nyontek resepnya chef Winnie Giwangkara yang beberapa waktu yang lalu pernah ditayangkan di trans7. Kebetulan waktu itu saya lagi dinas di luar kota, pas nonton acaranya saya udah ngiler aja liat bahan-bahan dan tampilan hasil masakan chef Winnie. Beruntung saat itu saya berinisiatif untuk mencatatnya, karena kalau cuma mengandalkan kemampuan otak untuk mengingat, takutnya malah ntar ada yang kelupaan.

Nah, mumpung hari Minggu kemarin saya udah di rumah, jadi saya bisa mengeksekusi resep Ayam Tangkap Pasta by chef Winnie. Sebenarnya resep ini cukup simple, hanya saja terdiri dari beberapa step yang untuk seorang saya, memerlukan ‘mood’ yang besar untuk mengerjakannya, hehehe.. Tapi ternyata hasilnya sangat tidak mengecewakan. Rasa masakan ini bener-bener maknyus dan layak untuk disajikan pada orang-orang tercinta. Mau tau resep selengkapnya?? Sabar…. Pasti bakalan saya bagi koq. Hanya saja resep chef Winnie yang kemarin saya coba, saya modifikasi sedikit menyesuaikan dengan ketersediaan bahan yang saya punya. Untuk itu kali ini akan saya tuliskan 2 resep sekaligus, resep chef Winnie dan resep hasil modifikasi saya. Yuk disimak…

AYAM TANGKAP PASTA by Chef Winnie Giwangkara

BAHAN:
Bahan Pasta:
2 kotak pasta (sekitar 500 gram)
Air untuk merebus pasta
5 siung bawang putih yang dicincang
1 buah bawang Bombay dipotong dadu
2 buah tomat dipotong dadu
Garam secukupnya
Lada hitam secukupnya
Minyak zaitun secukupnya untuk menggoreng pasta
Air kaldu ayam secukupnya

Bahan Ayam:
4 buah daging dada ayam
Garam secukupnya
Lada hitam secukupnya
Bubuk cabe kasar secukupnya
1 buah paprika yang dipotong memanjang
Minyak untuk menggoreng

Bahan Saus:
Pasta tomat secukupnya
Air kaldu ayam
Lada hitam secukupnya
Bubuk cabe kasar secukupnya

CARA MEMBUAT:
- Lumuri ayam dengan garam dan lada hitam, diamkan selama 15 sampai 30 menit hingga bumbu meresap
- Ambil satu potong ayam berbumbu, taburi bubuk cabe kasar di atasnya, taruh beberapa potongan paprika. Gulung ayam dan tusuk dengan tusuk gigi agar gulungan tidak terbuka. Lakukan pada sisa ayam lainnya.
- Panaskan sedikit minyak. Pastikan agar wajan dan minyak benar-benar panas, masukkan semua ayam. Masak hingga matang kedua sisi. Sisihkan
- Rebus pasta 7 s.d 9 menit hingga matang al dente. Angkat, tiriskan dan beri sedikit minyak agar sphagetti tidak lengket.
- Panaskan minyak zaitun, masukkan bawang putih cincang dan bawang Bombay. Masak hingga harum.
- Masukkan potongan tomat, garam dan lada hitam secukupnya.
- Tambahkan sedikit air kaldu ayam, masak sebentar.
- Masukkan sphagetti, aduk rata, masak sebentar. Angkat dan sisihkan.
- Panaskan kembali wajan, masukkan pasta tomat, air kaldu ayam, lada hitam, dan bubuk cabe kasar. Masak sebentar. Angkat sisihkan.

Cara menyajikannya:
- Taruh pasta di piring
- Siram dengan sedikit saus di atasnya
- Potong ayam goreng gulung, taruh di atas siraman saus.
- Sajikan untuk 4 s.d 6 porsi

Well, mudah saja kan? Tapi seperti yang sudah saya bilang bahwa resep di atas kemarin saya modifikasi sedikit. Berikut resep hasil modifikasi saya yang ternyata hasilnya maknyusss banget. Orang-orang rumah pada suka semuanya… :)

AYAM TANGKAP PASTA (modifikasi) by me

BAHAN:
Bahan Pasta:
2 kotak pasta (sekitar 500 gram)
Air untuk merebus pasta
5 siung bawang putih yang dicincang
1 buah bawang Bombay dipotong dadu (saya potongnya agak besar-besar, karena kalau potong kecil malah susah, hehehe)
5 s.d 7 sdm saus tomat botolan (pengganti buah tomat yang kebetulan lagi ga ada di dalam kulkas :D)
Garam secukupnya
Lada hitam secukupnya
Oregano secukupnya (yang ini, buat saya ga boleh ketinggalan :D)
Minyak zaitun secukupnya untuk menggoreng pasta
Air kaldu sapi secukupnya (kebetulan di rumah yang ada cuma kaldu sapi :D)

Bahan Ayam:
4 buah paha ayam yang sudah dibuang tulangnya
Garam secukupnya
Lada hitam secukupnya
Bubuk cabe kasar secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Bahan Saus:
Saus tomat botolan secukupnya
Air kaldu sapi
Lada hitam secukupnya
Bubuk cabe kasar
1 buah cabe merah besar dan cabe merah hijau yang dipotong seukuran batang korek api

CARA MEMBUAT:
- Lumuri ayam dengan garam dan lada hitam, diamkan selama 15 sampai 30 menit hingga bumbu meresap
- Ambil satu potong ayam berbumbu, taburi bubuk cabe kasar di atasnya, Lakukan pada sisa ayam lainnya. (ayamnya tidak saya gulung)
- Panaskan sedikit minyak. Pastikan agar wajan dan minyak benar-benar panas, masukkan semua ayam. Masak hingga matang kedua sisi. Sisihkan
- Rebus pasta 7 s.d 9 menit hingga matang al dente. Angkat, tiriskan dan beri sedikit minyak agar sphagetti tidak lengket.
- Panaskan minyak zaitun, masukkan bawang putih cincang dan bawang Bombay. Masak hingga harum.
- Masukkan saus tomat botolan, garam dan lada hitam secukupnya.
- Tambahkan sedikit air kaldu sapi, masak sebentar.
- Masukkan sphagetti, aduk rata, masak sebentar. Angkat dan sisihkan.
- Panaskan kembali wajan, masukkan saus tomat botolan, air kaldu sapi, lada hitam, dan bubuk cabe kasar. Masukkan potongan cabe besar. Masak sebentar. Angkat sisihkan.

Cara menyajikannya:
- Taruh pasta di piring
- Siram dengan sedikit saus di atasnya
- Taruh ayam gorengnya di atas siraman saus.
- Sajikan untuk 4 s.d 6 porsi

TIPS:
Sebelum memasukkan pasta (sphagetti ke dalam wajan berbumbu), pastikan anda sudah icip bumbunya, apakah sudah cukup asin atau belum. Karena akan lebih mudah memberi garam ketika si spaghetti belum masuk ke dalam wajan. Dan untuk saya, biasanya akan saya asinkan sedikit rasa bumbunya, karena pasta itu kan hambar banget, jadi diasinkan saja bumbunya biar nanti pas si sphagettinya dimasukin, rasa yang didapat adalah rasa yang pas!


Duh, si sphagetti kemarin langsung tandas dihabisin sama 4 orang. Ga rugi deh pokoknya. Is-Ti-Me-Waaa (chibimodeon :p).

Yuk dicoba. Emm besok-besok mau nyontek resep chef Winnie lagi.. Soalnya dari beberapa kali saya liat beliau masak, kayaknya emang hasilnya menggugah gitu. Ntar bakalan ditulisin lagi di sini.

Moga manfaat ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar