Rabu, 10 Oktober 2012

Koritalinesia Ramen yang maknyuss punya

Bismillah,

Seperti biasanya, saya selalu berhasil tergugah (baca: ngiler) ketika melihat orang makan mie di televisi. Entah itu iklan mie instant atau sepotong adegan film/drama asia yang menayangkan aksi makan mie dengan nikmatnya. Begitulah yang saya alami kemarin malam, ketika melihat drama korea Coffee Prince di antv di mana si Eun Chan (Yoon Eun Hyee) makan mi ramen dengan lahapnya langsung dari panci yang masih ngebul. Huaaaa… Perut saya spontan bunyi demi melihat adegan tersebut. Apalagi di bagian ketika Eun Chan menambahkan daun bawang dengan cara menggunting-guntingnya tepat di atas panci, huhuhu tambah ngiler, secara saya memang penggemar daun bawang. Belum lagi ketika mie nya yang masih ngebul beneran masuk dalam mulut Eun Chan, waaa… bener-bener itu adegan paling sadis yang pernah saya tonton karena sukses bikin saya benar-benar ngileeerrrr dan kepikiran buat makan mie yang seperti itu.

Akhirnya malam ini sayapun mencoba bereksperimen. Akan saya pergunakan bahan-bahan di kulkas untuk membuat mie seperti yang Eun Chan makan. Dan, racikan saya ternyata mantab abis. Coba aja ada pak Bondan, mungkin beliau udah bilang maknyusss untuk masakan saya yang satu ini. Hehehe… Dan racikan saya tersebut, saya beri nama Koritalinesia Ramen (kekeke.. jayusnyaaa… biarin deh :pp). Koritalinesia sendiri merupakan perpaduan kata dari korea, italia, dan Indonesia, karena bumbu yang saya gunakan memang mewakili 3 negara ini. Untuk citarasa koreanya, saya menggunakan daun bawang dan minyak wijen. Sedangkan untuk citarasa italianya, saya menggunakan lada hitam dan bumbu favorit saya, apalagi kalau bukan oregano. Nah, untuk citarasa indonesianya sendiri, datang dari si cabe rawit. Hmm.. kebayangkan betapa maknyussnya si mie kuah ini nantinya?? Untuk lebih lengkapnya, langsung liat resep berikut ya…

Koritalinesia Ramen

Bahan:
1 bks mie instant kuah rasa apa saja (saya menggunakan rasa Soto Banjar Limau Kuit). Menurut saya akan lebih baik kalau menggunakan mie instant dengan rasa seperti kaldu ayam, baso sapi, dan sejenisnya daripada menggunakan mie kuah dengan rasa yang agak berat seperti rasa semur, rendang dan sejenisnya.
1 btr telur ayam
1 btg daun bawang
2 cabe rawit merah
½ sdt minyak wijen
Air panas secukupnya
Sejumput oregano
Sejumput lada hitam

Cara Membuat:
Didihkan air, masukkan telur ayam, masak hingga kuning dari telur ayam cukup kuat.
Masukkan mie
Tambahkan minyak wijen, lada hitam dan oregano. Masak selama kurleb 3 menit.
Sementara itu, buka semua bumbu yang disediakan dan taruh di mangkuk (saya memakai semua bumbu yang disediakan, kecuali kecap manis, karena saya ga suka kecap di masakan berkuah :D)
Iris daun bawang dan masukkan juga ke dalam mangkuk
Masukkan cabe rawit ke dalam mangkuk, hancurkan kasar dengan menggunakan sendok.
Tambahkan air panas secukupnya ke dalam mangkuk, aduk hingga rata.
Tiriskan mi dan telur, masukkan ke dalam mangkuk berkuah.
Tambahkan lada hitam dan oregano lagi (bila suka)
Sajikan panas.

Pas diicip, huaaa uenaknyaaa.. Saya pikir sepertinya rasanya ga kalah dengan mi yang dimakan Eun Chan, tampilannya juga ga kalah menggiurkan. Perpaduan minyak wijen, lada hitam, oregano, daun bawang dan pedasnya cabe rawit benar-benar membuat lidah ga bisa bohong, rasa memang adalah segalanya, Enyaakk enyakkk enyaaakkkk :D
Maknyusss punya!!!

******************************

Well pemirsah, begitulah saya kalau memasak mi instant kuah, selalu memakai air panas untuk melarutkan bumbunya, sedangkan air rebusan mie saya buang dengan cara meniriskan mie nya. Mungkin sedikit berbeda dengan orang lain, untuk itu saya percaya, walaupun mie instant yang kita makan adalah mie yang sama, tapi saya cukup yakin kalau masing-masing dari kita punya cara memasak mie instant sendiri-sendiri yang menjadikan rasa akhirnya menjadi sedikit berbeda-beda. Intinya tergantung dari selera gitu deh. Well, cobain selera saya kali ini yukk… Moga bermanfaat ya :)



2 komentar:

  1. Ah, pagi-pagi dah ngilerrrrr liat ntu mie... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi... eh ada ka fitri...

      sama ka, ngiler juga kalo liat mie :pp

      Hapus