Senin, 14 Mei 2012

Sepuluh (Free) Aplikasi Android Terbaik

Sebagai pengguna android yang baru berumur beberapa minggu, sebenarnya saya merasa kurang layak untuk menuliskan postingan dengan judul “Sepuluh (Free) Aplikasi Android Terbaik.”. Tapi apa mau dikata, saya terlanjur suka untuk ‘berbagi info’. Dan postingan kali ini yang berjudul “Sepuluh (Free) Aplikasi Android Terbaik”, tentu saja terbaik versi saya berdasarkan pengalaman, dan saya pikir mungkin akan bermanfaat bagi orang lain apabila saya bagi dalam bentuk tulisan.

Yo wiss, langsung aja ya, berikut sepuluh aplikasi (free) android terbaik (versi saya), lengkap dengan penjelasannya (yang tentunya, versi saya juga :D).


1). Facebook for Android
Aplikasi ini bisa diunduh di Google Store. Tampilan Facebook for Android ini sungguh keren, hampir sama seperti tampilan facebook pada PC. Jadi seperti mengakses facebook lewat PC, padahal onlinenya cuma pake hape (mobile) saja. Bisa nge-tag orang di status atau comment dengan sangat mudah, dll. Tapi, kekurangannya, kadang agak lambat aja, mungkin karena lebih berat kali ya dan mungkin tergantung sinyal internetnya juga.



2). WhatsApp Mesenger
Aplikasi ini bisa diunduh di Google Store. Konon katanya, aplikasi ini dikenal sebagai pembunuh SMS dan pesaing berat dari BBM nya BB. Aplikasi ini sesuai dengan namanya, tentu saja bisa mengirim pesan (ala chatting) dan bisa melampirkan file gambar, video, suara, map location, dan id contact. Tapi setau saya, aplikasi ini cuma trial aja selama satu tahun. Setelah satu tahun, saya masih kurang tau apakah aplikasi ini akan berbayar atau bagaimana. Sampai dengan saat ini, saya masih nyaman menggunakan aplikasi ini, hanya saja kadang karena sinyal internet yang jelek, pesan yang dikirim agak lambat nyampenya. :D



3). Go SMS Pro
Aplikasi ini favorit saya banget. Bisa diunduh di Google Store juga. Intinya sih seperti sebuah ‘theme’ untuk SMS, tapi dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat bagus sekali. Untuk tema nya sendiri, banyak banget yang cantik dan cute gitu, bikin tampilan SMS di hape kita jadi semakin menarik. Saya pake yang ini loh:
Cantik kan?
Bisa printscreen gitu, seperti gambar di atas, canggih kan?? :D
Dan ada fitur private box-nya!!! Ini nih yang paling saya suka. Yach sesuai namanya, bisa nge-privasi sms kita yang kita rasa emang pribadi banget. Keren kan?? :D



4). UC Browser for Android
Aplikasi yang satu ini ga ketinggalan buat difavoritin. Buat sebuah browser, saya pilih yang paling cepat aksesnya, paling mudah penggunaannya, dan paling lengkap fitur-fiturnya (terutama buat donlot-donlot). Dan aplikasi ini lah yang saya percayai untuk saya pakai buat browsing secara mobile. Aplikasi yang satu ini ga ada di Google Store. Saya nemunya di MobiShare, tepatnya di sini



5). BlogIt
Aplikasi yang satu ini nemu di Google Store. Karena saya seneng blogging maka sayapun membutuhkan aplikasi yang memudahkan saya untuk blogging. Setelah searching di Google Store, ketemu beberapa aplikasi, dan dari beberapa aplikasi yang saya coba, menurut hemat saya, yang paling bagus ya aplikasi BlogIt ini. Selain bisa posting, bisa upload link, upload gambar, bisa save as draft pula. Pokoknya cukup nyamanlah untuk blogging via hape karena aplikasi yang satu ini.



6). Memoires
Aplikasi yang ini juga nemu di Google Store. Gara-gara saya pingin menjadikan hape saya sebagai ‘diary pribadi’ maka saya iseng nulis keyword ‘diary’ di kolom searchnya Google Store. Keluar deh berbagai aplikasi yang ada hubungannya dengan diary. Ada sekitar 3 aplikasi yang saya coba dan Memoires ini yang paling bagus menurut saya. Bisa dikunci dengan password untuk menjamin privasi, bisa menyertakan foto di tulisan yang dibuat (cocok banget buat catatan perjalanan gitu), bisa merekam suara juga, bisa update location, bahkan bisa share memory (catatan) kita loh, via email, pesan, bluetooth, WhatsApp, Facebook, dan Twitter. Aplikasi yang satu ini keren deh pokoknya.



7). Period Calendar
Aplikasi yang satu ini khusus buat cewek. Tentang catatan siklus bulanan. Nemu di Google Store karena emang beneran niat punya aplikasi yang seperti ini. Banyak fiturnya loh, sebut saja perkiraan next period untuk siklus bulanan, bahkan ada perkiraan masa subur. Dan yang bikin seru adalah fitur ‘Add Note’ yang bisa kita atur, mood kita gimana, berat badan kita gimana, nanti apabila sudah berjalan lebih dari satu bulan (2, 3, 4, 5 dan seterusnya), maka berat badan kita bisa ditampilkan dalam bentuk grafik, jadi bisa kita lihat tuh, grafik berat badan kita, termasuk yang bagus atau ga bagus, biar jadi koreksi dan pengingat juga buat kita. Pokoknya aplikasi ini udah lumayan lengkap, tinggal kitanya aja lagi yang harus rajin ngutak-atik aplikasi ini biar fungsinya maksimal. :)



8). Masak Apa
Kalau aplikasi yang satu ini nemu di Google Store waktu nyari aplikasi tentang resep masakan. Langsung keluar aplikasi ini. Satu-satunya!!! Dari testimoninya sih, kayaknya nih aplikasi oke banget. Setelah diunduh dan diinstal sendiri, beneran ga nyesel. Aplikasi yang super duper keren. Berisi berbagai resep masakan yang terus diupdate. Lengkap dengan tips, bahan, langkah, dan tidak ketinggalan foto masakan yang sangat-sangat menggugah selera. Resepnya bisa disimpan jadi bisa diakses dalam keadaan offline. Bahkan bisa dimasukkan ke ‘daftar belanja’, untuk memudahkan kita ketika mau membeli bahan-bahan ketika mau mengikuti resep yang ada.



9). Airport Mania
Setelah berbagai aplikasi android terbaik sudah saya coba untuk bahas, rasanya kurang afdal kalo ga nyebutin game kali ya. Dan kali ini game yang menurut saya oke punya adalah Airport Mania. Setelah memainkannya di PC, saya coba searching di Google Store, ketemu yang versi free-nya. Langsung donlot, instal dan mainin, Wuihhh… keren euy, tampilannya persis kayak di komputer. Sipp lah pokoknya. Recommended banget!!!



10). Solitaire
Aplikasi yang satu ini saya unduh di Samsung Apps. Sepertinya di Google Store juga ada, tapi udah terlanjur donlot yang di Samsung Apps. Tampilannya hampir sama kayak di PC, enak banget dimainin via layar sentuh. Jadi pembunuh waktu yang sangat menyenangkan. :)

Well, sebenernya banyak aplikasi android yang lain yang oke punya, sebut saja twitter for android, Angry Bird Space, My Dragonfly, dll. Dan mungkin masih banyak yang lainnya. Tapi sampai dengan saat ini, itulah Sepuluh (Free) Aplikasi Android, versi saya. Kalau nanti saya menemukan aplikasi-aplikasi yang lain yang menurut saya keren, mungkin akan saya tulis di postingan berikutnya.

Moga bermanfaat ya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar